Berita Banjarbaru

Tolak Prodi Geografi Bergabung, Mahasiswa dan Dosen Fakultas Kehutanan ULM Ancam Gelar Aksi Susulan

Penolakan bergabungnya Prodi Geografi disuarakan mahasiswa dan dosen Fakultas Kehutanan ULM. Mereka khawatir bisa menurunkan akreditasi Fakultasnya.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Achmad Maudhody
Banjarmasinpost.co.id
Sambil membawa spanduk, ratusan Mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM Banjarbaru menggelar aksi penolakan perubahan nama fakultas di depan kampus, Senin (26/12/2022). Mereka menolak Prodi Geografi digabung dalam Fakultas Kehutanan ULM. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Perubahan nama Fakultas Kehutanan menjadi Fakultas Kehutanan dan Geografi Universitas Lambung Mangkurat ( ULM) mendapat penolakan dari mahasiswa hingga dosen.

Salah satunya disuarakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM, Muhammad Arif Hafizh Zen, Senin (26/12/2022).

Dalam aksi di depan gedung kampus bersama ratusan rekannya Arif mengatakan, ingin mempertahankan nama fakultas yaitu Fakultas Kehutanan ULM.

Perubahan nomenklatur dan digabungnya Prodi Geografi itu dikhawatirkannya berpotensi menyebabkan terjadinya penurunan akreditasi pada Fakuktas Kehutanan.

"Dan juga dalam proses perubahan nama fakultas ini, kami merasa tidak dilibatkan," katanya.

Akibat adanya aksi penolakan dari mahasiswa itu maka para dosen, dekan dan senat Fakultas Kehutanan ULM langsung mengadakan rapat internal.

Hasilnya ditetapkan dua poin, pertama semua dosen dan mahasiswa menolak Prodi Geografi masuk ke Fakultas Kehutanan.

Poin kedua, semua dosen dan mahasiswa menolak perubahan nama Fakultas Kehutanan menjadi Fakultas Kehutanan dan Geografi.

Hasil rapat itu rencananya langsung disampaikan kepada Rektor ULM agar bisa ditindak lanjuti.

"Apabila keinginan kami tidak ditindaklanjuti atau dikabulkan, maka kami akan kembali melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih banyak lagi," terangnya.

Baca juga: Jadwal LIbur Nasional 2023, Muhadjir Effendy Ingatkan Cuti Bersama 8 Hari

Sementara itu Dosen minat Silvikultur Prodi Kehutanan, Dr Yusanto Nugroho menegaskan, sesuai dengan nomenklatur, masih ada banyak opsi prodi yang bisa dimasukkan ke Fakultas Kehutanan selain Prodi Geografi.

Ia mencontohkan, Manajemen atau Pengelolaan Hutan, Rekayasa Kehutanan, Silvikultur dan Teknologi Hasil Hutan.

"Geografi ini tidak relevan dengan Kehutanan. Kalau mau menambah prodi juga bisa membuat prodi baru atau kalau mau gampang tarik saja Pascasarjana Fahutan ke sini," ucapnya.

Selain itu juga ujar Yusanto, dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa di Fakultas Kehutanan ULM, terus mengalami peningkatan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved