BanjarmasinPost/

Berita HST

Warga Bikin Petisi Batalkan SK Menteri ESDM, Netizen Pun Rame-rame Tag Instagram Presiden Jokowi

Surat petisi yang dibuat Abrur Bitech itu dipublish lewat www. Change.org sudah mengalang 6.502 tandatangan nitizen.

Warga Bikin Petisi Batalkan SK Menteri ESDM, Netizen Pun Rame-rame Tag Instagram Presiden Jokowi
ist
Ilustrasi aktivitas pertambangan batu bara 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Upaya menolak penambangan batu bara di Kabupaten HUlu Sungai Tengah dilakukan, dengan mempetesi Kementeria Energi dan Sumber Daya Mineral, bertajuk Batalkan SK Menteri ESDM tentang Izin Eksploitasi tersebut.

Surat petisi yang dibuat Abrur Bitech itu dipublish lewat www. Change.org tersebut, sudah mengalang 6.502 tandatangan nitizen.

Pada petisi tersebut, antara lain disebutkan  “Kami warga HST dengan tegas menolak adanya pertambangan dan eksploitasi batu bara di Bumi Murakata. Karena kami yakin kegiatan tersebut tidak menimbulkan kesejahteraan bagi masyarakat dan malah menimbulkan kerusakan alam dan lingkungan serta menyebabkan dampak sosial bagi masyarakat.

Baca: Menteri ATR Sofyan Djalil Tolak Permohonan Anies Terkait Pulau Reklamasi, Pakar Hukum Nilai Wajar

‘Pemerintah HST juga telah bekerjasama dengan Iniversitas Lambung Mangkurat guna pemetaan potensi perkebunan, pertanian, dan perikanan HSTSebagai buktinya, telah dibuat demplot budidaya perikanan di beberapa kawasan pertanian terpaduyag dicanangkan sebagai kawasan agrowisata.

‘Ketika pilihan tersebut dapat memberikan dampak negative terhadap lingkungan, tidak alasan bagi kami untuk menerimanya”

Sementara itu, sejumlah nitizen juga ramai-ramai men-tag instagram resmi Presiden RI @jokowi, saat mengomentari postingan instagram @banjarmasinpost, tentang berita dikeluarkannya izin produksi batu bara di wilayah HST, Balangan dan Tabalong untuk PT MCM oleh Menteri ESDM. Seperti dilakukan akun iroy_fifteenlabel :

Pak@jokowi daerah kami baru berakhir banjir. Terus dapat info ini. Benar-benar membuat sakit hati kami, Kayaknya menteri bapak Cuma tahu tandatangan. Tanpa survey lokasi. Hulu Sungai Tengah, daerah yang tak pernah tersentuh pertambangan batu bara, tapi selalu kena banjir. Jika hutan kami hilang oleh batu bara, bisa dibayangkan banjir besar akan menelan kota kami, Sampaikapanpun kami warga  HST akan  menentang ada penambangan batu bara di Bumi Murakata. #salamlestari #savebarabai #savemeratus “ tulis Iroy.

“Tolongbapak presiden dan bapak menteri, kami warga HST menolak tambang batu bara di HST, tanpa tambang batu barapun kota kami sudah sering kena banjirapalagi ada tambangbatu bara, bisa –bisa HST tenggelam, Tolong batalkan SKnya selagi kami menolak secara halus@jokowi@kesdm@kemensosri “ tulis akun instagram @rima.Safitri. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help