Berita Banjar

Begini Perjuangan Padamkan Karhutla di Dekat Tahura Sultan Adam, Petugas Susah Cari Oksigen

Kebakaran lahan dan hutan terjadi di kawasan Pegunungan Mandiangin, tepatnya di Tirai Hujan, Mandiangin Timur, Kabupaten Banjar, Sabtu (21/7/2018).

Begini Perjuangan Padamkan Karhutla di Dekat Tahura Sultan Adam, Petugas Susah Cari Oksigen
banjarmasin post group/ isti rohayanti
Kebakaran lahan di dekat Tahura Sultan Adam, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,MARTAPURA - Kebakaran lahan dan hutan terjadi di kawasan Pegunungan Mandiangin, tepatnya di Tirai Hujan, Mandiangin Timur, Kabupaten Banjar, Sabtu (21/7/2018).

Kabut asap menghiasi pegunungan siang itu. Abu dari api yang membakar ilalang dan tanaman lainnya bertebaran kemana-mana.

Sejak pukul 12.30 Wita siang, si jago merah terus beraksi di kawasan tersebut hingga menjalar ke area penggunaan lain (lahan yang digunakan oleh masyarakat pada pegunungan itu.

Sejumlah tim pemadam kebakaran dari Manggala Agni Kabupaten Banjar, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, BPBD dan pasukan penakluk api lainnya bergotong royong dalam pemadaman.

Baca: Dibuka Pendaftaran CPNS 2018, Lulusan SMA & D3 Serta S1, Terbanyak Dicari Guru dan Tenaga Kesehatan

Bahkan hingga menjelang pukul 17.00 Wita api belum teratasi. Namun sebagian sudah dalam proses pembasahan. Terlebih angin terus berhembus di kawasan tersebut.

Tentunya, bukan hanya sekadar memadamkan api, mereka juga berjuang mendaki gunung karena lahan yang terbakar merupakan jalur yang harus didaki.

Baca: Hari Ini Pengumuman Hasil UTM IPB 2018, Besok Pengumuman UM Undip 2018, Klik 2 Link Berikut Ini

Panas api seolah biasa saja bagi para pemadam. Beberapa nampak berusaha mencari oksigen ketika kelelahan memadamkan.

Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Rahmadin pun turut berjibaku dengan api. Ia turut serta memadamkan api yang berada di lahan samping Tahura Sultan Adam itu.

Baca: Jemaah Haji Kalsel Alami Pusing Hingga Gatal, Tim Kesehatan Imbau Lakukan Ini

Bahkan pihaknya langsung menggerakkan seluruh elemen dinas kehutanan dan koordinasi dengan Manggala Agni, Masyarakat peduli api secara bersama BPBD melaksanakan kegiatan pemadaman.

(banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved