Berita Hulu Sungai Tengah

Kebakaran di Dua Desa di HST, Warga Ini Kehilangan Tempat Tinggalnya

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, di Desa Aluan Sumur Rt 02/Rw 01, warga kehilangan tempat tinggal bernama Ajis

Kebakaran di Dua Desa di HST, Warga Ini Kehilangan Tempat Tinggalnya
net
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Musibah kebakaran terjadi di dua desa di kecamatan berbeda di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Peristiwa tersebut, terjadi di desa Aluan Sumur, Kecamatan Batubenawa, dan di Kecamatan Hantakan.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, di Desa Aluan Sumur Rt 02/Rw 01, warga kehilangan tempat tinggal bernama Ajis yang tinggal bersanma keluarganya.

Rumah kayu Ajis yang tinggal bersama istri dan dua anaknya itu terbakar 70 persen, dan tak sampai menjalar ke rumah penduduk lainnya.

Baca: Iis Dahlia Belum Move On dari Fatin, Iis : Dia Jadi Terkenal Lagi karena Ada Jasa Gue

Baca: Jadwal MotoGP Mizano Italia 2018, Marc Marquez Ungkap Alasan Enggan Pindah ke Yamaha

Barisan Pemadam Kebakaran berhasil mengendalikan api setelah menyemprotkan air. Mengenai penyebab kebakaran, Arif dari BPBD HST menyatakan, masih dalam penyelidikan kepolisian.

“Kejadiannya tengah malam, pukul 00.10 Wita. Para penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri sebelum api berkobar lebih besar,”kata Arif yang juga anggota BPK Firdaus.

Sedangkan kebakaran kedua, terjadi di Kecamatan Hantakan, tepatnya samping kantor camat setempat, pukul 09.20 Wita. Kobaran api, yang berasal dari rumah warga, Sakran menjalar ke rumah Ainah.

Baca: Penjelasan Go-Jek Banjarmasin Perihal Viralnya Driver Ojol Rugi Karena Pesanan Fiktif Rp 1,5 Juta

Kedua rumah yang terbuat dari kayu tersebut terbakar 100 persen, dan dilaporkan tak ada korban jiwa.

Tim relawan dari Balakar 654 Murakata dan Emergency gabungan lainnya berhasil menjinakkan api setelah berjibaju dengan hawa panas selama lebih dari satu jam.

Tak ada barang yang sempat diselamatkan korban, karena saat kejadian api dengan cepatnya membakar rumah dari kayu tersebut.

Baca: Sebelum Tampil di Closing Ceremony Asian Games 2018, Choi Siwon Super Junior Lakukan ini di Jakarta

Menurut Kapolsek Hantakan, Iptu Tarjono, saat kejadian, dua korban yang rumahnya terbakar tersebut sedang menyadap karet di kebun masing-masing.

Korban yang kehilangan tempat tinggal, sementara mengungsi ke rumah keluarga mereka. Mengenai penyebab kebakaran, menurut Kapolsek masih dalam penyelidikan. Namun, kerugian ditaksir Rp 150 juta.

Sementara, siang tadi pihak BPBD, Tagana dan Dinas Sosial langsung mendatangi para korban untuk menyerahkan bantuan berupa kebutuhan sembako, peralatan memasak, serta pakaian dan selimut.

Baca: Jelang Closing Ceremony Asian Games 2018, Choi Siwon Super Junior Unggah Foto Berkeringat

Sedangkan dari dinas sosial memberikan bantuan tenda dan perlengkapan lainnya.

Penyerahan bantuan dari BPBD diwakili Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Zulkipli. Penyerahan bantuan langsung kepada keluarga korban, baik di Aluan Sumur maupun di Hantakan.

Juga disaksikan Camat Hantakan, Helmi serta Babinsa setempat. Zulkipli berharap, bantuan dari PemkabHST tersebut mampu meringankan keluarga korban yang kehilangan tempat tinggal, untuk selanjutnya bangkit kembali membangun ekonomi keluarga. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help