Serambi Ummah

Amalan Rebo Wekasan atau Arba Mustakmir Dalam Hukum Islam

Amalan Rebo Wekasan atau Arba Mustakmir Dalam Hukum Islam yang jadi tradisi warga

Amalan Rebo Wekasan atau Arba Mustakmir Dalam Hukum Islam
banjarmasin post group/ khairil rahim
tolak bala 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Amalan rebo wekasan atau arba mustakmir, hari rabu terakhir di bulan safar sudah menjadi tradisi di agama Islam, khususnya di Jawa, yang sampai kini masih dilestarikan. 

Amalan rebo wekasan atau arba mustakmir dalam penamaan dan cara pelaksanaan tradisi ini, beda-beda di setiap termpat.

Ada beberapa istilah dalam penamaan Rabu di Shafar itu, antara lain Rebo Wekasan, Rabu Pungkasan, Rabu Kasan, Arba Mustakmir

Di hari itu, ada yang bersidang dan berlangsung di tempat-tempat pemakaman umum, ada yang menggelar doa dan dzikir bersama, dan amalan-amaln lain.

Baca: Bacaan Niat Sholat Rebo Wekasan Arba Mustakmir atau Sholat Tolak Bala Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Baca: Banyak Umat Muslim Laksanakan Sholat Rebo Wekasan atau Arba Mustakmir, Ini Hukumnya Dalam Islam

Baca: Besok Arba Mustakmir, Ini Arti Arba Mustakmir atau Rebo Wekasan Serta Hukumnya Dalam Islam

Baca: Besok Arba Mustakmir, Hari Rabu Terakhir Bulan Safar atau Rebo Wekasan, Ini 5 Tradisi Tolak Bala

Dijelaskan dalam kitab karya Syeikh Abdul Hamid bin Ali bin Abdul Qodir Quds al-Makki (1277-1335), diterangkan al-Allamah as-Syaikh Addiyarbi dalam Mujarrobat-nya, yang ba’dlul arifin dari ahlul kasyf menceritakan, pada setiap Rabu akhir Shafar , akan dicetak ke bumi 300.000 malapetaka dan 20.000 macam bencana. Barang siapa melakukan salat 4 rakaat, di setiap rakaat setelah fatihah membaca surat al-Kautsar tujuh belas kali, al-Ikhlas lima kali, dan Mu’awwidzatain satu kali. Setelah salam membaca do’a tertentu. (Kanzun Najah Wassurur, 95)

Di kitab yang sama mencerminkan, sebagian orang pada hari itu mengambarkan untuk membaca Surat Yasin. Ketika sampai ayat “Salamun qoulan min robbin rahim” diulang sebanyak 313 kali. Setelah selesai membaca Yasin, membaca doa tertentu. (Kanzun Najah, 98)

Fakta di masyarakat menunjukkan, ada dua amalan (salat dan pembacaan Surat Yasin), yang sering dilaksanakan pada Rabu akhir Shafar.

Pertama, salat Rabu Wekasan. Pijakan ritual atau amaliyah Rabu Wekasan adalah berdasar kasyf atau ilham, termasuk dalam kitab Kanzun Najah. Al-imam Tajuddin Assubuki dalam Jamul Jawami ‘mengemukakan, ilham adalah petunjuk dari Allah yang diberikan ke dalam hati seseorang. Ilham diberikan husus oleh Allah untuk sebagian orang pilihanNya. Ilham menyoroti hujjah, karena tidak ada suaka ma’shum bagi orang yang menerimanya. Ilham juga tidak bisa bersih (steril) dari bisikan setan.

Hal yang berbeda dengan pendapat sebagian besar shufi, yang menyatakan, bahwa ilham dapat digunakan sebagai hujjah bagi dia sendiri. Jadi orang yang ma’il seperti Nabi, maka ilham mungkin sebagai orang-orang dan orang lain, jika memang ada masalah dengan orang lain AS.

Penjelasan itu menunjukkan, salat Rabu Wekasan bukan sunnah Nabi, karena dasar dari amaliyahnya adalah berdasarkan ilham, sementara ilham itu tidak bisa dijadikan hujjah.

Hampir seribu orang berjalan kaki mengelilingi pemukiman Cangkering dan Tasan Panyi Kecamatan Tapin Utara dalam rangka tolak bala, Selasa (25/7/2017) malam pukul 21.00 wita.
Hampir seribu orang berjalan kaki mengelilingi pemukiman Cangkering dan Tasan Panyi Kecamatan Tapin Utara dalam rangka tolak bala, Selasa (25/7/2017) malam pukul 21.00 wita. (ibrahim ashabirin)
Halaman
12
Editor: Restudia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved