Ekonomi dan Bisnis

Harga Tiket Masih Mahal, Penumpang Manfaatkan Booking Tiket Murah Untuk Libur Panjang

Menyongsong libur panjang pada Juni 2019 nanti, sejumlah penumpang di Banjarmasin mulai membooking tiket pesawat ke berbagai tujuan domestik.

Harga Tiket Masih Mahal, Penumpang Manfaatkan Booking Tiket Murah Untuk Libur Panjang
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Pelayanan konsumen di PT Lintas Barito Express 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Harga tiket pesawat yang melambung masih menjadi polemik. Tidak sedikit penumpang yang beralih ke alternatif moda lain, sementara yang lainnya terpaksa membeli tiket mahal lantaran untuk keperluan tugas dan lainnya.

Menyongsong libur panjang pada Juni 2019 nanti, sejumlah penumpang di Banjarmasin mulai membooking tiket pesawat ke berbagai tujuan domestik.

Hal ini diungkapkan petugas ticketing PT Kharisma Lautan Nusantara Tour & Travel Agent, Titien kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (9/4/2019).

"Sudah banyak penumpang di Banjarmasin yang booking tiket pesawat sejak jauh hari, awal Maret lalu. Tujuan Surabaya menggunakan Citilink ada yang sempat Rp 650.000 hingga Rp 700.000," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Shaheer Sheikh dan Ayu Ting Ting Diterawang Sulit Bersatu, Denny Darko Sebut Penghalangnya

Selain tujuan Surabaya, rute Banjarmasin-Jakarta harganya masih miring. Saat itu masih berkisar di harga Rp 880.000. Sedangkan per April ini, sudah penuh untuk booking libur panjang di bulan Juni.

Harga tiket per hari ini, menggunakan maskapai Garuda Indonesia rute Banjarmasin-Jakarta dipatok sebesar Rp 1.919.500. Lion Air rute Banjarmasin-Jakarta dibanderol Rp 1.084.600, sedangkan rute Banjarmasin-Surabaya seharga Rp 844.800.

Sedangkan Citilink, rute Banjarmasin-Jakarta dibanderol seharga Rp 1.639.000, dan rute Banjarmasin-Surabaya seharga Rp 1.182.500.

Sementara itu, Manajer PT Rizma Tour & Travel, Boy Rahmadi Nafarin mengatakan, saat ini belum ada booking tiket pesawat di tempatnya dalam rangka libur panjang.

"Karena tiket masih mahal jadi belum ada yang booking, sejumlah promo penurunan tarif melalui diskon memang ada, tapi untuk Online Travel Agent (OTA)," jelasnya.

Sedangkan untuk travel konvensional, Boy menambahkan, tidak ada diskon yang diberikan. Promo tersebut dilakukan maskapai Garuda, Citilink, dan Sriwijaya Air.

Baca: Dana Bosda Untuk Pendidik Non PNS Disalurkan Pemkab HSS, Penjaga Sekolahpun Kebagian

Terpisah, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Daerah Balikpapan yang membawahi seluruh Provinsi di Kalimantan saat ini masih menindaklanjuti laporan dari forum travel se Kalsel terkait kebijakan Garuda.

"Prosesnya bisa mencapai maksimal lima bulan melalui proses persidangan. 30 hari untuk pemeriksaan awal, lalu 60 hari pemeriksaan lanjutan bisa diperpanjang 30 hari, setelah itu baru ada putusan," ucap Kepala KPPU Kalimantan, Abdul Hakim Pasaribu. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved