Berita Tanahlaut

Logistik Pemilu di Tala Mulai Didistribusikan, di Lima Kecamatan Terjauh

Jelang pencoblosan 17 April 2019, logistik pemilu mulai didistribusikan ke wilayah terjauh di Kabupaten Tanahlaut

Logistik Pemilu di Tala Mulai Didistribusikan, di Lima Kecamatan Terjauh
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Pergeseran logistik pemilu ke daerah terjauh dalam gelombang pertama yang dikawal polres Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Jelang pencoblosan 17 April 2019, logistik pemilu mulai didistribusikan ke wilayah terjauh di Kabupaten Tanahlaut Kalimantan Selatan, Senin (15/4/2019).

Kecamatan Kintap sebelumnya menjadi daerah pertama yang didistribusikan logistik dan pasukan pengamanan pemilu. Disusul dalam gelombang kedua yaitu Kecamatan Bumi Makmur, Jorong, Batu Ampar dan daerah lain yang tergolong jauh.

"Sedangkan daerah terjauh dan tersulit medan yang harus dilintasi misalnya Desa Salaman dan Riam Adungan dan Pantai Harapan juga sudah kita distribusikan sejak pagi tadi, apalagi Pantai harapan yang kondisi alamnya tengah mengalami air pasang sehingga logistik langsung kita geser ke PPS," terang Kapolres Tanahlaut AKBP Sentot Adi Darmawan kepada Banjarmasinpost.co.id usai apel gelar pasukan pengamanan pemungutan dan perhitungan suara pemilu 2019.

Baca: Keinginan Terpendam Ibu Raffi Ahmad, Amy Qanita Terungkap, Mertua Nagita Tak Ingin Dimanja Harta?

Baca: Sagim Tak Menyangka Alat Pencetak Polibag Jadi Juara, Hasilkan 3780 Pak Sekali Kerja

Baca: Mulan Jameela Cari ART Hanya Untuk 3 Pekerjaan, Istri Ahmad Dhani Tuliskan Persyaratan Panjang

Baca: Cari Bibit Atletik di Daerah, PASI Kalsel Bakal Gelar Kejuaraan Antar Klub Atletik di Martapura

Polres Tanahlaut sendiri terangnya sudah mengerahkan pengamanan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif pada Rabu 17 April 2019 mendatang sebanyak 612 personil.

Seluruh personil tersebut di antaranya dibantu personel tambahan dari unsur TNI sebanyak 210 personil, Linmas 2.074 personil, serta di tambah personil lainnya dari Senkom dan Pramuka.

Pengamanan ekstra dari Polres Tanahlaut terangnya juga sudah membangun Pos Terpadu terdiri dari TNI dan komponen masyarakat lainnya untuk sama-sama mengamankan pemilu pada lokasi-lokasi yang sudah di tentukan.

Pengamanan antisipasi hujan misalnya terang AKBP Sentot Adi juga sudah diantisipasi dengan persiapan terpal dan sudah dibungkusnya kotak suara dengan plastik.

"Kita juga sudah mendapatkan lampu hijau dari PLN bahwa nanti tidak akan ada pemadaman di 17 dan 18 April karena penghitungan suara kemungkin bisa memakan waktu lama," tambahnya.

Truk pengangkut logistik pemilu sendiri diangkut oleh truk dan diamankan oleh Satlantas Polres Tanahlaut dan digiring oleh Kapolsek masing-masing kecamatan di Tanahlaut.

Dalam pelepasan truk pengangkut logistik juga turut hadir bupati Tanahlaut H Sukamta yang turut melepas pergeseran logistik pemilu.

Sementara Komisioner KPU Tanahlaut, Ahmad Roji mengatakan total jumlah armada truk sebanyak 71 buah, dan yang didistribusi di hari pertama pendistribusian yaitu menuju Kecamatan Kintap delapan truk, Kecamatan Jorong enam truk, Kecamatan Batu Ampar enam truk, Kecamatan Bumi Makmur empat truk, dan Kecamatan Pelaihari enam truk.

Sisanya akan didistribusikan ke daerah yang lebih dekat di hari kedua pendistribusian, Selasa (16/4/2019) yakni ke Kecamatan Pelaihari delapan truk, Kecamatan Bati-Bati delapan truk, Kecamatan Takisung tujuh truk, Kecamatan Tambang Ulang empat truk, Kecamatan Panyipatan enam truk, Kecamatan Kurau empat truk, dan Kecamatan Bajuin empat truk.

Baca: Balasan Ustadz Abdul Somad Fitnahan Terima Hadiah Prabowo, UAS Beberkan Tolak CRV & Fortuner

Baca: Sejumlah Warga Datangi KPU Kota Banjarmasin urus Form A5 dan Pertanyakan Nama Tak Masud DPT 

"Pergeseran logistik ke Kecamatan Kintap yang kita geser tadi pagi informasinya sudah sampai," ujarnya.

Surat suara saat ini ujarnya juga sudah lengkap. "Kemarin sudah kita ambil langsung ke percetakan," ujarnya.

Selanjutnya logistik surat suara tambahnya juga akan dilakukan pengepakan di malam hari agar di hari kedua pendistribusian bisa digeser ke lokasi kedua pendistribusian.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved