Berita HSS

Seminar Kesehatan di HSS , Islam Beri Keleluasan Bagi Ibu Menyusui di Bulan Puasa

Seminar sehari bertema “Bolehkan ibu hamil dan menyusui berpuasa?” , Kamis (18/4/2019) DI Pendopo Kabupaten.

Seminar Kesehatan di HSS , Islam Beri Keleluasan Bagi Ibu Menyusui di Bulan Puasa
istimewa/Protokol dan Kehumasan   
Kegiatan Seminar Kesehatan  “Bolehkan ibu hamil dan menyusui berpuasa?” Kamis (18/4/2019) di Pendopo Kabupaten. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bagi ibu ibu hamil dan  menyusui, kadang ragu apakah tetap berpuasa selama Ramadan, atau boleh tidak puasa dengan alasan kepentingan air susu ibu (ASI.

UNtuk memberikan wawasan kepada ibu menyusui terkait hal tersebut, Klinik Cahaya Imani Kandangan melaksanakan seminar sehari bertema “Bolehkan ibu hamil dan menyusui berpuasa?” , Kamis (18/4/2019) DI Pendopo Kabupaten.

 Seminar kesehatan bekerjasama dengan TP PKK HSS tersebut selain menghadirkan kalangan medis, juga menghadirkan ulama, KH Syairazi, untuk memberikan kajiannya dari sisi ajaran agama.

Baca: Sosok Cantik Pacar Baru Billy Syahputra Usai Putus dari Hilda Vitria, Nikita Mirzani Bocorkan Ini

Baca: Kronologi Pengendara Scopy Terlindas Truk Tronton di Mistar Cokrokusumo Banjarbaru Versi Polisi

Baca: Naga Banjar 2018 Beri Tips Sukses, Duduk Pun Harus Begini

Direktur Klinik Cahaya Imani, dr Fifi Noviana mengatakan, kegiatan tersebut memberikan edukasi dan berbagipengetahuan. Terutama bagi tenaga kesehatan di HUlu Sungai Selatan.

 Adapun pesertanya, 241 orang dari target 250 orang. “Kami memiliki divisi pendidikan, dan kedepannya mengagendakan kegiatan yang rutin bekerjasama dengan TP PKK HSS,”kata dr Fifi. 

Sementara,  Narasumber Emmy Hayatun, mengatakan ASI  merupakan nutrisi utama dan hak bagi bayi yang berumur 0-6 bulan. Juga merupakan kewajiban seorang ibu untuk memberikan ASI, walaupun ibu dalam keadaan berpuasa.

 "Dalam agama Islam diberikan keleluasaan bagi Ibu menyusui untuk berpuasa atau tidak selama di bulan Ramadhan," katanya, dalam seminar yang turut dihadiri Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah A Fikry dan jajaran.

Disebutkan, Di  antara kemudahan, Islam memberi keringanan kepada wanita hamil danmenyusui  tidak berpuasa jika dikhawatirkan terhadap janin yang di kandungnya. Demikian pula jika waita menyusui takut terhadap bayi yang dia sapih kurang air susu jika berpuasa.

Baca: Kemoterapi Istri SBY, Ani Yudhoyono Terpaksa Dihentikan, AHY Ungkap Kondisi sang Ibu yang Sakit

Baca: Luna Maya Mencak-mencak Dicatat Sudah Menikah, Teman Syahrini Minta Cek KTP, Ini Kisah Dulu

 Penjabat Sekretaris Daerah H Hubriansyah, menyatakan,  kegiatan seperti seminar kesehatan sejalan dengan visi dan misi Kabupaten HSS dan menambah pengetahuan bagi para bidan untuk menjelaskan bagaimana ibu hamil dan menyusui yang ingin berpuasa.

Menurutnya, peserta bakal mendapat penjelasan mendalam dari masalah ibu hamil dan menyusui saat berpuasa sehingga tidak lagi menjadi masalah yang mengganggu. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

 
 

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved