Ekonomi dan Bisnis

Tanpa Ribet dan Antri, Nabung Emas Sekarang Bisa Via Aplikasi Digital, Begini Caranya

Saat ini tabungan emas menjadi alternatif, baik itu dilakukan secara manual datang langsung ke tempat penyedia emas, ataupun diakses secara online.

Tanpa Ribet dan Antri, Nabung Emas Sekarang Bisa Via Aplikasi Digital, Begini Caranya
banjarmasinpost.co.id/mariana
Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Banjarmasin, Nurul Minawati. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terdapat sejumlah instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan di antaranya emas. Emas menjadi salah satu primadona investasi yang paling banyak peminatnya

Instrumen yang satu ini dianggap bisa mengimbangi laju inflasi setiap tahunnya, sehingga cukup aman untuk dijadikan sebagai pilihan.

Pilihan berinvestasi emas dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti emas batangan, perhiasan, atau bahkan tabungan.

Saat ini tabungan emas menjadi alternatif bagi masyarakat, baik itu dilakukan secara manual datang langsung ke tempat penyedia emas, ataupun diakses secara online.

Baca: Hurul Firdha Jadi Wisudawan S1 ULM Terbaik, Raih IPK 3,93 Selama 3,5 Tahun

Baca: Wabup Kotabaru Datangi PLN, Bahas Rencana Pengembangan Listrik Bawah Laut ke Pulau Sebuku

Baca: Video Mesum Mirip Kriss Hatta, Jonatan Christie & Richard Kyle Beredar Viral, Ini Kata Pengacaranya

Di Pegadaian Syariah Banjarmasin misalnya, nasabah dapat melakukan transaksi secara online melalui aplikasi digital untuk menabung emas, sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor Pegadaian Syariah terletak di Jalan A Yani Km 4,5 itu.

Dijelaskan Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Banjarmasin, Nurul Minawati, nasabah dapat menggunakan aplikasi digital milik Pegadaian Syariah, yakni Pegadaian Syariah Digital yang diunduh via Google Play Store.

"Nasabah dapat membuat rekening tabungan emas dan juga top up saldo. Awalnya, harus registrasi menyertakan alamat email, selanjutnya verifikasi. Bagi yang sudah buka rekening tinggal masukkan nomor CIF di rekening untuk top up saldo," jelas Nurul kepada Banjarmasinpost.co.id.

Pada saat akan transaksi top up, nasabah akan diarahkan untuk membuat akun virtual. Selanjutnya jenis pembayaran dapat dipilih oleh nasabah via perbankan tertentu yang tersedia, bisa pula lewat mobile banking dan ATM.

Alternatif lainnya, nasabah bisa pula langsung menyetorkan uang melalui BRI dan BNI. Saldo tabungan emas dapat ditambahkan melalui fitur bawaan yang terdapat di dua bank tersebut, umumnya pada menu transaksi lainnya, kemudian pilih transaksi tabungan emas pegadaian.

Area Micro & Pawning Manager BSM cabang Banjarmasin, Muhammad Denny Ramadhan
Area Micro & Pawning Manager BSM cabang Banjarmasin, Muhammad Denny Ramadhan (banjarmasinpost.co.id/mariana)

Selain menabung emas, nasabah pun dapat membeli emas dengan cara cicil. Program ini dijalankan Bank Syariah Mandiri (BSM) Banjarmasin.

Tidak perlu antri ke kantor BSM, dijelaskan Area Micro & Pawning Manager BSM cabang Banjarmasin, Muhammad Denny Ramadhan, nasabah bisa melakukan transaksi cicil emas via mobile banking, internet banking, serta web BSM.

"Nasabah dapat mendaftarkan diri, setelah identitas dan berkas lainnya sudah tersimpan oleh BSM, kemudian tim kami akan menghubungi nasabah untuk penandatangan dan pengambilan buku rekening, bisa nasabahnya yang ke kantor, atau tim kami yang datang ke rumah atau kantor nasabahnya," jelas Denny.

Ditambahkannya, dalam program cicil emas tersebut nasabah hanya membayar DP sebesar 20 persen dari total pembelian.

Baca: Jadwal MotoGP Spanyol 2019, Live Trans 7, Tim Ducati Siapkan Strategi Khusus Kalahkan Marc Marquez

Baca: Sepeda Motor Pasutri Laka Maut Kintap Tak Bernopol

"Misalnya, nasabah beli emas batangan 10 gram dengan harga per gramnya Rp 600.000, per 10 gram menjadi Rp 6 juta. Nasabah hanya membayar sekitar Rp 1,5-2 juta sudah bisa bawa pulang emas 10 gram," papar dia.

Untuk sisa pembayaran, nasabah dapat mengangsur sesuai kemampuan dan keinginan mulao dari Rp 100.000, tenor yang diberikan 1-5 tahun flat hingga lunas meskipun harga emas cenderung naik. Karena itu menurut Denny, investasi ini sangat baik bagi masyarakat Banjarmasin sebagai tabungan masa depan. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved