Ramadhan 1440 H

Hadapi Cuaca Panas Saat Berpuasa, Begini Cara Terhindar Dehidrasi dan Atasi Rasa Haus

Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat kita merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan. kita pasti akan merasakan kehausan.

Hadapi Cuaca Panas Saat Berpuasa, Begini Cara Terhindar Dehidrasi dan Atasi Rasa Haus
baiajaku
Ilustrasi minum air 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Memasuki awal Ramadhan 1440 H ini, Umat muslim di Kalimantan Selatan (Kalsel) dihadapkan dengan cuaca panas.

Puasa bagi umat muslim di daerah ini pun semakin terasa berat. Bukan karena lapar, tetapi rasa harus yang begitu terasa. Tubuh pun terasa lemas dan sakit kepala.

Sebenarnya, adakah cara mudah untuk mencegah dan mengatasi rasa haus saat puasa?

Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat kita merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan. Apa lagi saat di siang hari, kita pasti akan merasakan kehausan.

Baca: Petugas SPBU Siram Uang Rp50 Ribu dari ATM dengan Pertalite, Begini Penjelasan BI, Langsung Viral

Baca: Guru SMAN 1 Paringin Ikut Belajar di Australia, Siswa Tidak Diajari Mengingat dan Menghafal

Baca: Ramadhan 1440 H Baim Wong Dihadiahi Momongan, Lihat Testpack Langsung Heboh Peluk Paula Verhoeven

Hal ini wajar saja dirasakan karena saat berpuasa kita menahan diri untuk tidak minum atau makan, sehingga akan kekurangan cairan atau sering disebut dehidrasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa haus terkadang tidak tertahankan. Selain kegiatan yang menguras cairan tubuh dan kondisi cuaca yang panas dengan kelembaban yang tinggi, faktor makanan yang kita konsumsi saat makan sahur juga turut mempengaruhi rasa haus saat berpuasa.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat saat berbuka maupun sahur. Besar kemungkinannya saat berbuka puasa kita cenderung mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat, sehingga mudah merasa haus dan lapar.

Sekali lagi, memperhatikan pola makan saat bulan puasa, sangat penting untuk kondisi tubuh. Ada baiknya kita biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi rasa haus saat puasa ramadhan.

Bagaimana cara mengatasi haus saat puasa?

Menjaga suhu tubuh tetap normal bisa membantu kita untuk tidak mudah merasa haus, apalagi jika memiliki banyak kegiatan di luar ruangan.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved