Serambi Mekkah

Pascahibah Bangunan Eks Kantor PA Martapura, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Banjar

ejak beberapa bulan lalu, secara resmi Kementerian Agama menghibahkan bangunan eks kantor Pengadilan Agama (PA) Martapura

Pascahibah Bangunan Eks Kantor PA Martapura, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Banjar
banjarmasinpost.co.id/idda royani
ACHMAD ZULYADAINI, kepala BPKAD Banjar mengungkapkan hibah bangunan eks kantor Pengadilan Agama Martapura telah disetujui 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sejak beberapa bulan lalu, secara resmi Kementerian Agama menghibahkan bangunan eks kantor Pengadilan Agama (PA) Martapura di kawasan Jalan Albasia, Martapura.

Penghibahan tersebut menjadi angin segar bagi Pemkab Banjar. Pasalnya selama ini pemerintahan Bupati Banjar H Khalilurrahman memang telah lama 'mengincar' bangunan yang lama mangkrak tersebut. Usulan hibah pun juga telah lama diajukan.

"Alhamdulillah akhirnya usulan hibah yang kami ajukan disetujui. Bangunan itu akan segera dimanfaatkan," ucap Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banjar Achmad Zulyadaini, Sabtu (18/05/2019).

Dikatakannya, bangunan tersebut bakal direhab total dan selanjutnya akan digunakan untuk kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD). "Tentang SKPD mana yang akan menempatinya, nanti akan dibahas lebih lanjut," tandas Zulyadaini.

Sementara ini, lanjutnya, SKPD yang telah menyatakan minatnya yakni Satuan Polisi Pamong Praja. Saat ini Satpol PP berkantor satu gedung dengan BPKAD, Bagian Hukum dan Bagian Ortal Setda Banjar di belakang kantor bupati di kawasan Jalan A Yani, Martapura.

"Ada juga usulan agar nanti ditempati Dinas Pemuda Olahraga dengan pertimbangan guna lebih memudahkan pembinaan keolahragaan mengingat di sekitar bangunan eks kantor PA tersebut ada sejumlah fasilitas olahraga yakni lapangan tenis, stadion mini bola, dan futsal.

"Usulan itu rasional juga. Namun sementara ini kalau kita lihat dari sisi layanan publik, Dinas Dukcapil yang lebih mendesak karena kantornya yang ada saat ini kecil dan nyaris tak punya halaman sehingga kerap muncul keluhan masyarakat karena sulit parkir motor," tandas Zulyadaini.

Lebih lanjut ia menuturkan pembenahan atau perehaban bangunan eks kantor PA tersebut telah dianggarkan dalam APBD 2019. Namun karena anggarannya kecil yakni Rp 100 juta, akhirnya ditunda dan akan kembali dianggarkan dengan alokasi yang lebih memadai pada APBD 2020 nanti.

KUSAM - Beginilah kondisi bangunan eks kantor PA Martapura yang kian kusam
 Beginilah kondisi bangunan eks kantor PA Martapura  (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

"Anggaran perehabannya yang Rp 100 juta itu lalu dialihkan untuk merehab gedung Juang di Jalan A Yani," sebut Zulyadaini.

Ia mengatakan secara teknis, Bidang Ciptakarya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjar telah melakukan peninjauan di lapangan. Sekaligus merancang dan mendesain perehaban total bangunan eka kantor PA tersebut.

"Insha Allah nanti pada 2020 pengerjaan perehabannya langsung tuntas sehingga bisa segera ditempati," pungkasnya.(AOL)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved