Supaya Akhir Cinta Tak Jadi Kiamat

Rekonsiliasi, baik dengan mencari penengah, berkonsultasi dengan konsultan pernikahan maupun introspeksi memang dianjurkan

Supaya Akhir Cinta Tak Jadi Kiamat
shutterstock
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - SEMUA pasangan, setegar apa pun pasti akan merasa tak karuan tatkala mahligai rumah tangganya yang telah dibina dan dipertahankan terpaksa karam diterjang badai. Apalagi jika buah pernikahan telah lahir.

Nasib anak yang membutuhkan figur ayah dan ibunya, tak mungkin diabaikan begitu saja. Rekonsiliasi, baik dengan mencari penengah, berkonsultasi dengan konsultan pernikahan maupun introspeksi memang dianjurkan. Namun bagaimana bila kekecewaan terhadap pasangan sudah sedemikian dalam?

Pasangan yang diambang perceraian akan mengalami rasa kehilangan, penyesalan, kemarahan, dendam, depresi, rasa bersalah, gelisah dan lainnya. Kekhawatiran akan masa depan juga kerap mengusik.

Berikut enam strategi yang dapat dilakukan agar perceraian tak berubah menjadi akhir dunia, sebagaimana dikutip dari HealthToday.

1. Bebaskan perasaan
Cobalah berbicara dengan pihak ketiga yang netral semisal terapis pernikahan untuk berbagi. Ia akan mendengarkan keluh kesah Anda sehingga membuat perasaan jauh lebih lega

2. Dukungan orang terdekat
Temukan seseorang yang dipercaya dan curahkan perasaan padanya. Selain sahabat, keluarga juga bisa dijadikan tempat bersandar. Bisa juga melakukan pendekatan spiritual dengan perbanyak ibadah.

3.Fokus pada si kecil
Jangan biarkan perpisahan menghancurkan masa depan si kecil. Fokuskan perhatian pada si kecil.

4. Cari aktivitas
Olah fisik seperti jogging, yoga dan lainnya akan membantu menenangkan pikiran sekaligus memulihkan mental.

5. Tata Ulang
Kegagalan dalam mempertahankan rumah tangga merupakan tamparan keras bagi harga diri. Lakukan kegiatan yang positif seperti meniti karir kembali atau kesibukan lainnya.

6. Memaafkan
Memang menerima kenyataan, apalagi memaafkan mantan pasangan dan diri sendiri butuh waktu. Tetapi dengan tulus memaafkan beban emosi akan terlepas.

Penulis: Sudarti
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved