Berita Balangan

Pemkab Balangan Bangun Monumen Perjuangan PPKB

Berlokasi di Taman Paringin samping Wisma Manyandar, Kecamatan Paringin, saat ini pengerjaan proyek pembangunan monumen tersebut sedang berlangsung.

Pemkab Balangan Bangun Monumen Perjuangan PPKB
Banjarmasinpost.co.id/Elhami
Proses pembangunan monumen Panitia Penuntutan Kabupaten Balangan (PPKB). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Untuk mengingat perjuangan para pendiri Kabupaten Balangan, pemerintah membangun monumen Panitia Penuntutan Kabupaten Balangan (PPKB).

Berlokasi di Taman Paringin samping Wisma Manyandar, Kecamatan Paringin, saat ini pengerjaan proyek pembangunan monumen tersebut sedang berlangsung.

Berdasarkan pantauan beberapa hari ini, sejumlah pekerja sedang melakukan pengerjaan. Kerangka monumen mulai dibangun dan sudah terlihat.

Pengerjaan dilakukan selama 120 hari kerja dan diperkirakan selesai pada 20 Juli 2017. Adapun sumber dana dari APBD, pelaksananya adalah CV Bangun Cipta Mandiri.

Tokoh PPKB sekaligus perancang desain utama, Husin mengatakan, latar belakang pembangunan monumen ini berawal dari keinginan untuk mengenang para pendiri Kabupaten Balangan.

Dengan demikian, generasi penerus tak begitu saja melupakan perjuangan para tokoh PPKB dalam memperjuangkan kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini.

"Intinya untuk mengingat kembali sejarah dan perjuangan para tokoh PPKB," ujarnya.

Sebagai perancang desain pertama, Husin menyebutkan ornamen berukiran adat dayak, kemudian juga ada tangan mengepal sebagai tanda semangat dan kekompakan masyarakat dengan seluruh elemen.

Di monumen juga nanti akan diukir nama-nama tokoh PPKB baik yang sudah meninggal maupun masih hidup.

"Terlepas dari itu semangat dan cita-cita PPKB sejak dulu adalah mensejahterakan masyarakat Balangan, hingga saat ini semangat itu terus digelorakan," katanya.

Menurutnya, keberadaan monumen PPKB ini sangat besar artinya, selain sebagai landmark (tanda) perjuangan PPKB, juga sebagai pengingat bagi generasi saat ini dan selanjutnya.

"Dengan demikian mari kita sama-sama menghargai semangat dan perjuangan serta melanjutkan cita-cita tokoh PPKB yakni mensejahterakan masyarakat Balangan," pungkasnya.

Sementara, Rahmadiah selaku Kabid Cipta Karya di Dinas PU dan Penataan Ruang Balangan mengatakan pembangunan monumen PPKB diperkirakan selesai pada 20 Juli 2017.

"Pagu anggarannya Rp 750 juta, mudahan selesai tepat waktu," tutupnya.

Penulis: Elhami
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved