Registrasi Simcard

Hore! 1 NIK Boleh Daftar Nomor Kartu Seluler Berkali-kali, Kemeninfo Hapus Batasan 3 Nomor

Kemeninfo mengeluarkan aturan 1 NIK boleh mendaftar nomor kartu seluler berkali-kali atau tak berbatas.

Hore! 1 NIK Boleh Daftar Nomor Kartu Seluler Berkali-kali, Kemeninfo Hapus Batasan 3 Nomor
shutterstock
kartu sim 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Batasan 1 nomor induk kependudukan (NIK) Hanya Boleh Mendaftar 3 nomor kartu seluler tidak berlaku lagi. Kemeninfo mengeluarkan aturan 1 NIK boleh mendaftar nomor kartu seluler berkali-kali atau tak berbatas.

Keputusan 1 NIK Boleh Daftar Nomor Kartu Seluler Berkali-kali ditetapkan Kemeninfo dalam surat tentang implementasi registrasi kartu SIM yang didistribusikan kepada masing-masing operator seluler.

Ada lima poin dalam surat itu tentang 1 NIK Boleh Daftar Nomor Kartu Seluler Berkali-kali.

Diantaranya,. operator wajib melaksanakan Surat Edaran Menteri Kominfo Nomor 01 Tahun 2018 untuk memberikan hak kepada outlet untuk menjadi mitra pelaksana registrasi termasuk nomor pelanggan ke-4 dan seterusnya sesuai undang-undang.

Surat diterima KompasTekno, Selasa (8/5/2018) diterangkan tak ada pembatasan jumlah nomor yang bisa diregistrasikan dengan satu NIK.

Baca: 1 Mei 2018 Pemblokiran Total Kartu SIM Prabayar, Instagram Kemenkominfo Dipenuhi Keluhan Warganet

Baca: Masih Bisa Gunakan Kartu SIM Sekali Pakai, Ini Cara Unreg Kartu SIM Kamu yang sudah Diregistrasi

Seperti diketahui, sebelumnya Kominfo membatasi satu orang dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP hanya boleh melakukan registrasi mandiri maksimal tiga nomor kartu SIM.

Artinya pengguna bisa memiliki lebih dari tiga nomor SIM asalkan dengan syarat, operator seluler yang bersangkutan melaporkan NIK yang mendaftarkan banyak nomor setiap tiga bulan secara berkala.

Kemudian selain itu, Kominfo juga meluruskan kebijakan yang sebelumnya berubah-ubah yakni soal penonaktifan nomor SIM yang tidak melakukan registrasi sampai batas waktu 30 April kemarin.

Pada awalnya Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa nomor pelanggan yang melewati batas registrasi akan dinonaktifkan alias hangus sehingga nomor tersebut tak akan lagi bisa digunakan.

Baca: Yusril: Pemerintah Sangat Dipermalukan Jika Keputusan Pembubaran HTI Dibatalkan Pengadilan

Baca: Sosok Misterius Wan Gocap, Suka Bagi-bagi Angpau Rp 50 Ribu di Emperan, Warga Rela Begadang

Namun lewat surat ini diputuskan bahwa pengguna bisa mengaktifkan kembali nomor yang melewati batas registrasi sampai tenggat akhir bulan lalu.

Halaman
12
Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved