Berita Internasional

Saudi Bersikeras Tak Mau Serahkan Pelaku Pembunuhan Khashoggi kepada Turki, Ini Alasannya

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir dalam konferensi keamanan regional di Al-Manamah, Bahrain.

Saudi Bersikeras Tak Mau Serahkan Pelaku Pembunuhan Khashoggi kepada Turki, Ini Alasannya
AFP/CHRISTOPHE SIMON
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AL-MANAMAH - Arab Saudi menyatakan tak bakal menyerahkan para pelaku pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi kepada Turki.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir dalam konferensi keamanan regional di Al-Manamah, Bahrain.

Dikutip AFP Sabtu (27/10/2018), Jubeir menyatakan ke-18 pelaku yang telah ditangkap otoritas merupakan warga negara Saudi.

Jubeir menjelaskan, para pelaku sudah ditahan dan diinvestigasi di Saudi. "Karena itu, mereka juga bakal menjalani persidangan di Saudi," tegasnya.

Baca: Ada Jenazah Saling Berpelukan Ditemukan di Kelurahan Petobo, Ini Fakta Baru Bencana Sulteng

Komentar menteri berusia 56 tahun itu terlontar sehari setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta agar para pelaku diadili di Istanbul.

Seorang pejabat senior anonim Turki menuturkan, Ankara tengah menyiapkan surat yang meminta Saudi mengekstradisi para pelaku.

Baca: Live MNC TV! Cara Nonton Live Streaming Liverpool vs Cardiff City Liga Inggris Pekan 10 di HP

Kota tersebut merupakan tempat di mana Khashoggi dilaporkan dibunuh setelah mendatangi gedung Konsulat Saudi pada 2 Oktober untuk mengurus dokumen pernikahan.

Sejak kasus jurnalis berusia 59 tahun itu mencuat, awalnya pihak Saudi bersikukuh Khashoggi telah meninggalkan gedung dengan selamat.

Baca: Live Beinsport 3! Cara Nonton Live Streaming Empoli vs Juventus Liga Italia Pekan 10 di HP

Namun pada pekan lalu, Saudi mengakui Khashoggi tewas dalam pertikaian. Setelah itu, kantor jaksa penuntut mengonfirmasi pembunuhan Khashoggi telah direncanakan.

Meski begitu, Saudi menegaskan kasus pembunuhan Khashoggi tak ada kaitannya dengan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved