Berita Nasional

Kebakaran di Pelabuhan Muara Baru, Kapal Penemu "Black Box" Lion Air JT 610 Nyaris Terbakar

Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) nyaris terbakar dalam kebakaran puluhan kapal di Muara Baru.

Kebakaran di Pelabuhan Muara Baru, Kapal Penemu
Capture/Tribun-Video.com
15 kapal terbakar di Pelabuhan Muara Baru Jakarta, Sabtu (23/2/2019) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Musibah kebakaran puluhan kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu (23/2/2019) malam, nyaris ikut membakar Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

KR Baruna Jaya I diketahui merupakan kapal penemu black box atau kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, kebakaran puluhan kapal itu terjadi tepat di belakang KR Baruna Jaya I.

"Kapal Baruna Jaya I, iya semalam tadi hampir terbakar. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujar Hammam melalui keterangan tertulis, Minggu (24/2/2019).

Berkaca dari peristiwa tersebut, BPPT mengusulkan adanya pelabuhan khusus untuk kapal riset Indonesia. Sebab, KR Baruna Jaya merupakan aset penting pemerintah.

Baca: BERITA VIDEO : Dahsyatnya Kebakaran Kapal di Pelabuhan Muara Baru, Belasan Kapal Nelayan Ludes

Baca: Kebakaran Kembali Membesar di Muara Baru, Malam Hari Bertambah 5 Kapal Nelayan Terbakar

"Kapal Riset Baruna Jaya ini merupakan aset penting milik pemerintah Indonesia. Kami akan lakukan yang terbaik agar Baruna Jaya dapat menjadi World Class Marine Survey Technology," kata Hammam.

Selain untuk menjaga keamanan aset, pelabuhan khusus kapal riset dinilainya perlu untuk mengembangkan teknologi kapal tersebut.

"Kita harus revitalisasi pelabuhan khusus untuk kapal riset survei kelautan sebagai aset sumber daya IPTEK untuk menghasilkan layanan teknologi yang terbaik dan standar internasional," ucap Hammam.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran menghanguskan 34 kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Sabtu sore.

Baca: Kronologi Kebakaran di Pelabuhan Muara Baru yang Hanguskan 15 Kapal Terungkap, Ini Penjelasan Polisi

Baca: Muara Baru Membara, 15 Kapal Hangus Terbakar, 16 Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Dalam proses pemadaman, angin bertiup kencang ke arah barat sehingga mengenai kapal lain yang posisinya saling berdekatan. Api baru berhasil dipadamkan pada Minggu pukul 05.16 WIB.

Suku Dinas Penanggulangan  Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara membutuhkan waktu sekitar 14 jam untuk memadamkan api karena kapal yang bersandar di pelabuhan terbuat dari kayu dan terisi penuh bahan bakar solar.

(Penulis: Nursita Sari/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebakaran di Muara Baru, Kapal Penemu "Black Box" Lion Air JT 610 Nyaris Terbakar"
Editor : Icha Rastika

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved