Berita Banjarmasin

Sekdaprov Haris Makkie : Kalsel Targetkan 100 Ribu Wisman dan 1 Juta Wisnus pada 2020

Pariwisata adalah salah satu sumber perekonomian daerah dan penggerak perekonomian kerakyatan. Sebab itu harus ditata kelola dengan baik.

Sekdaprov Haris Makkie : Kalsel Targetkan 100 Ribu Wisman dan 1 Juta Wisnus pada 2020
istimewa/humpro Kalsel
Peserta bimtek pengelola homestay, mendapatkan bingkisan sprai dan handuk 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pariwisata adalah salah satu sumber perekonomian daerah dan penggerak perekonomian kerakyatan. Sebab itu harus ditata kelola dengan baik.

Dikatakan Sekretaris Daerah Kalsel, Drs H Abdul Haris MSi, pariwisata itu cakupannya luas dan perlu keterlibatan banyak pihak, termasuk sejumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Haris menyampaikan hal di atas pada Workshop Pembinaan Sadar Wisata dan Bimtek/Pelatihan Pengelolaan Homestay se-Kalsel, yang diadakan Dinas Pariwisata Kalsel pada 29-30 April 2019 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Jadi obyek wisata tak Hanya tanggung jawab Dinas Pariwisata, karena Dinas Kehutanan juga terlibat mengelola Tahura Sultan Adam, Miniatir hutan hujan tropis, kawasan kehutanan lainnya.

Baca: Bandara Internasional Syamsudin Noor Hampir Rampung, Kalsel Harapkan Bisa Sedot 100.000 Turis Asing

Kemudian Balitbangda mempunyai Kebun Raya Banua dan Agrowisata Tambang Ulang.

"Jajaran SKPD harus turut serta memajukan dan mempromosikan destinasi wisata yang kita miliki dan harus saling dukung satu sama lain," tegas Haris.

Dikatakan pula Kalsel memiliki kawasan industri, pabrik, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan serta kawasan perkantoran, dapat dijadikan kawasan wisata, penelitian dan pendidikan.

"Penting pula pembinaan terhadap masyarakat sekitar diberdayakan supaya mendapat dampak positif dan pembinaan Sapta Pesona," jelasnya.

Jadi pengembangan pariwisata harus dilakukan sejak sekarang, semua harus sinergi karena pada 2020 adalah tahun kunjungan wisata Kalsel atau Visit Kalsel Years 2020.

"Ditargetkan ada 100 ribu wisatawan mancanegara dan 1 juta wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kalsel pada 2020," kata Haris.

Baca: Pendaftaran PPDB Siswa Sekolah Dasar di Banjarbaru Hanya Satu Hari, Ingat Ini Persyaratannya

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Drs H Dahnial Kifli MAP, menyampaikan, kegiatan ini bertujuan memantapkan unsur-unsur Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenanangan.

"Juga memantapkan pemahaman table manner dan making bed," terangnya.

Peserta kegiatan terdiri pejabat/staf lingkup SKPD provinsi, aparat kepolisian, aparat dinas pariwisata kota/kabupaten, anggota Pokdarwis kota/kabupaten, ormas kepemudaan, pemilik homestay sekitar wisata dan masyarakat yang ingin buka homestay.

Narasumber dari Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Kalsel dan praktisi pariwisata.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved