Lebaran 2019

Jelang Lebaran 2019, Pemkab Tapin Siapkan Masjid untuk Rest Area Pemudik Berkendara

Pemerintah Kabupaten Tapin, Polres Tapin, Kodim 1010 Rantau dan pengurus masjid di Kabupaten Tapin menyiapkan lokasi rest area bagi pemudik

Jelang Lebaran 2019, Pemkab Tapin Siapkan Masjid untuk Rest Area Pemudik Berkendara
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Masjid Agung Humasa, Rantau, Kabupaten Tapin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pemerintah Kabupaten Tapin, Polres Tapin, Kodim 1010 Rantau dan pengurus masjid di Kabupaten Tapin menyiapkan lokasi rest area bagi pemudik yang ingin beristirahat selama berkendara.

"Sekitar 25 masjid yang punya lokasi area parkir luas, punya toilet dan sarana fasilitas lainnya dari Kecamatan Binuang hingga Kecamatan Lokpaikat disiapkan untuk pemudik yang beristirahat. Sarannya kalau ngantuk lebih baik istirahat. Itu saran agar pemudik selamat dalam berkendara," kata Kapolres Tapin AKBP Bagus Suseno.

Kapolres Tapin, AKBP Bagus Suseno didampingi Dandim 1010 Rantau, Letkol Inf Rio Neswan mengaku sudah menyiapkan personel di tingkat Polsek dan Koramil menjaga keamanan di sekitar rest area yang ditentukan.

Begitu juga dengan titik rawan kecelakaan, rawan kemacetan dan rawan tindak pidana kriminalitas, AKBP Bagus Suseno mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Tapin untuk bersama mempetakan.

Kemudian meminta kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapin untuk memberi rambu jalan yang diduga rawan lakalantas, rawan kemacetan termasuk rawan atau minimnya penerangan lampu jalan di malam hari.

Baca: Ngamar Tanpa Surat Nikah dan Diduga Pesta Narkoba, Polisi Palangkaraya Amankan 14 Remaja

Baca: Mukena Syahrini Dituding Hasil Jiplak, Sosok Ini Klaim Idenya Diambil Istri Reino Barack, Harganya?

Baca: Demi Keamanan Pemudik, Polres Kotabaru Tes Urine SOpir Travel, 5 Orang Positif Langsung Bekuk

Sementara itu, Anwar Yamini, Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Lalulintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tapin, mengaku minimnya penerangan jalan umum di wilayah Kabupaten Tapin.

"Kami sudah mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan sebanyak 214 titik tiang lampu penerangan jalan. Cuma terealisasi baru 14 tiang lampu yang sudah terpasang di titik rawan di Kabupaten Tapin," katanya.

Anwar Yamini tak menampik dari Kecamatan Binuang hingga Kecamatan Lokpaikat merupaka jalan berstatus nasional dan terdapat titik rawan lakalantas dan rawan kemacetan.

"Kita akan memasang rambu skotlet di titik rawan lakalantas dan rawan kemacetan seperti di dekat Pasar Tambarangan," katanya.

Pantauan reporter Banjarmasinpost.co.id, Balai Jalan Kalimantan sudah menambah beberapa lubang jalan dan lubang di oprit jembatan.

Lubang-lubang jalanan yang sudah ditambal aspal itu terdapat di Km 101, Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan, Km 86 Kelurahan Karangputih, Kecamatan Binuang.

Jika melintas sebelum lebaran sebaiknya pemudik berhati-hati di Kecamatan Binuang dan Tapin Selatan karena hilir mudik mobil angkutan batu bara tak bermuatan jenis tronton melintas dari lokasi tambang menuju bengkel atau workshop armada.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved