Berita Banjarmasin

DPRD Minta Pemda Kalsel Maksimalkan Implementasi Perda Preventif dan Penanggulangan Bencana Banjir

Musibah banjir yang terjadi beberapa hari lalu di Kalimantan Selatan (Kalsel) sempat merendam sebagian kawasan termasuk di Kabupaten Tanahbumbu

DPRD Minta Pemda Kalsel Maksimalkan Implementasi Perda Preventif dan Penanggulangan Bencana Banjir
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, Suwardi Sarlan meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk maksimalkan Peraturan Daerah (Perda) preventif dan penanggulangan bencana banjir yang sudah dibuat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Musibah banjir yang terjadi beberapa hari lalu di Kalimantan Selatan (Kalsel) sempat merendam sebagian kawasan termasuk di Kabupaten Tanahbumbu dan Kotabaru.

Sebagian ruas jalan di dua Kabupaten di wilayah pesisir Kalsel ini pun sempat terendam dan mengganggu aktivitas transportasi darat.

Bukan hal yang pertamakali terjadi, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, Suwardi Sarlan meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk maksimalkan Peraturan Daerah (Perda) preventif dan penanggulangan bencana banjir yang sudah dibuat.

Dijelaskan Suwardi, Provinsi Kalsel sebenarnya sudah memiliki beberapa Perda terkait hal tersebut diantaranya Perda tentang Rehabilitasi Hutan dan Perda tentang Revolusi Hijau.

Menurutnya, musibah banjir yang terjadi karena tingginya curah hujan di awal Bulan Juni 2019 seharusnya menjadi pelajaran agar Pemerintah bisa memaksimalkan implementasi dua Perda tersebut.

Dengan maksimalnya implementasi penghijauan kembali hutan dan penanaman pohon di lingkungan kantor, rumah, pinggir jalan dan yang lainnya menurut Suwardi seharusnya bisa menekan potensi banjir akibat curah hujan tinggi diluar faktor lainnya.

Baca: Bukti Verrell Bramasta Belum Move On dari Natasha Wilona, Fotonya di Tempat Ini Jadi Sorotan

Baca: Ramalan Zodiak Selasa 11 Juni 2019, Benarkah Leo Bisa Stress, Semangat Tinggi Aries, Rencana Taurus

Baca: Janji Luna Maya dan Faisal Nasimuddin Saat Liburan di Bali, Bakal Ada Sesuatu di Kuala Lumpur

Tak hanya melalui dua Perda tersebut, Ia juga berharap Pemda maupun Pemerintah Pusat bisa membenahi infrastruktur di Kalsel yang terkait pencegahan bencana banjir termasuk embung-embung penampungan air dan yang lainnya.

"Langkah kami tentu bersifat politis, kami akan panggil mitra SKPD terkait untuk jelaskan dan bahas penyebab utama berulangnya musibah seperti ini," kata Suwardi.

Jika Pemerintah Provinsi Kalsel kesulitan pada aspek anggaran untuk menerapkan Persia-Perda terkait pencegahan banjir, pihaknya mengaku akan mendorong di sisi anggaran untuk maksimalkan dampak Perda tersebut.

"Tentu kami akan dorong jika anggaran kita memang tersedia dan tidak mengorbankan anggaran di pos lainnya," kata Suwardi.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved