Berita Banjarmasin

Berdayakan Perempuan Bantaran Sungai, Berikan Pelatihan Kuliner dan Sasirangan

Sejak April sampai Juni 2019 Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin melakukan pelatihan terhadap perempuan bantaran sungai.

Berdayakan Perempuan Bantaran Sungai, Berikan Pelatihan Kuliner dan Sasirangan
Dari LK3 Banjarmasin untuk Bpost
Pelatihan pembuatan Sasirangan oleh LK3 Banjarmasin 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak bulan April sampai Juni 2019 Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin melakukan pelatihan terhadap perempuan bantaran sungai.

Bimbingan dilakukan diantatanya pelatihan kuliner, dan pelatihan membuat sasirangan pewarna alam.
Selanjutnya LK3 Banjarmasin, dalam hal ini program pemberdayaan ekonomi perempuan bermaksud melakukan sejumlah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 ini.

"Rencananya kegiatan akan lakukan antara lain pelatihan lanjutan kerajinan sasirangan pewarna alam, membentuk kelompok produksi sasirangan masyarakat bantaran sungai, dan pelatihan produksi kuliner, serta bakti sosial di kawasan bantaran sungai lainnya," kata Rakhmalina Bakhriati selaku koordinator program LK3, Senin (1/7/2019).

Ia menambahkan semua pelatihan ini bertujuan, selain memberdayakan perempuan guna penguatan ekonomi, juga memberikan edukasi dalam rangka penyelamatan lingkungan.

Baca: Bus Terbalik di Jalan Trans Lamandau, 3 Korban Luka Parah akan Dirujuk ke RS di Pontianak

Baca: Kelompok Terorisi Jamaah Islamiyah Ini, Petingginya Digaji Rp 15 Juta, Kirim Rekrutan ke Suriah

Baca: Eka Rose Gabung Yellow Rice Band, Jumat Malam Tampil Perdana

Baca: Hari Pertama PPDB, Antrean Peserta di Smansa Banjarbaru Capai 400, Lebihi Kuota Penerimaan

Memilih pewarna alam, bentuk kampanye untuk menyelamatkan lingkungan. Sementara itu pelibatan perempuan pinggiran sungai, karena yang paling tinggi aksesnya terhadap sungai dan air bersih adalah perempuan. Sehingga dengan melibatkan perempuan maka kampanye penyelamatan lingkungan dilakukan langsung oleh pihak yang paling merasakan dampaknya.

Pelatihan pembuatan Sasirangan oleh LK3 Banjarmasin
Pelatihan pembuatan Sasirangan oleh LK3 Banjarmasin (Dari LK3 Banjarmasin untuk Bpost)

Bagi LK3, seluruh kegiatan ini bentuk tanggung jawab kelompok masyarakat sipil untuk memberikan penguatan kepada masyarakat lainnya.

"LK3 juga melibatkan para pihak, termasuk pemerintah dan mitra lainnya yang sepaham dengan tujuan dari program ini," pungkas Rakhmalina. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved