Lifestyle

Dua Faktor Mengapa Tak Semua Orang Memiliki Lesung Pipi? Dianggap Lebih Menarik

Nama-nama terkenal yang memiliki penampilan rupawan dengan lesung pipi antara lain Nasya Marcella, Tasya Kamila, hingga Afgan Syahreza.

Dua Faktor Mengapa Tak Semua Orang Memiliki Lesung Pipi? Dianggap Lebih Menarik
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Vokalis yang juga pembawa acara, Tasya Kamila saat diabadikan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/5/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Banyak perempuan yang mnginginkan memiliki lesung pipi.

Ya, lekukan kecil di bagian pipi alias lesung pipi memang membuat pemiliknya terlihat lebih menarik ketika tersenyum. 

Nama-nama terkenal yang memiliki penampilan rupawan dengan lesung pipi antara lain Nasya Marcella, Tasya Kamila, hingga Afgan Syahreza.

Lesung pipi terbentuk karena perbedaan otot dan kulit wajah. Adanya lesung pipi juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Itu sebabnya tak semua orang bisa memilikinya.

Lesung pipi muncul terkadang disebabkan oleh perubahan otot wajah yang disebut zygomaticus mayor. Otot ini terlibat dalam ekspresi wajah dan yang berperan menaikkan sudut mulut ketika kita tersenyum.

Pada orang yang tak memiliki lesung pipi, otot utama zygomaticus biasanya dimulai pada tulang di pipi yang disebut tulang zygomaticus. Kemudian mengalir ke bawah, menghubungkan ke sudut mulut.

Baca: Menghindari Lemak Saat Menurunkan Berat Badan Justru Kesalahan Besar, Ahli Diet Sarankan ini

Sementara mereka yang memiliki lesung pipi, zygomaticus mayor dapat membelah menjadi dua ikatan otot yang terpisah saat menuju ke mulut. Gerakan kulit di atas otot utama zygomaticus ganda ketika tersenyum menyebabkan lesung pipit terbentuk.

Karena lesung pipi dapat dihasilkan dari variasi otot yang terjadi selama perkembangan janin, adanya lesung pipi ini sering dianggap sebagai cacat lahir.

Faktor genetik

Adanya lesung pipi juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Pada dasarnya, kita mewarisi satu set gen dari ibu dan ayah. Sebagian besar gen memiliki setidaknya dua variasi, yang disebut alel.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved