Ekonomi dan Bisnis

Bisnis Tanaman Kaktus dan Sekulen Kian diminati, Pebisnis Raup Omzet hingga Puluhan Juta Rupiah

Kaktus dan sekulen tumbuhan yang dapat beradaptasi di tempat yang gersang atau minim asupan air serta dapat tumbuh dengan sinar matahari terbatas

Bisnis Tanaman Kaktus dan Sekulen Kian diminati, Pebisnis Raup Omzet hingga Puluhan Juta Rupiah
Dari Perliva Mia Sesca untuk BPost
Toko Tanaman Mini menjual tanaman kaktus dan sekulen bertempat di Landasan Ulin, Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat ini terdapat beragam jenis tanaman hias, yang dapat digunakan untuk mempercantik pekarangan maupun ruangan dalam rumah, salah satunya jenis kaktus dan sekulen.

Kaktus dan sekulen tumbuhan yang dapat beradaptasi di tempat yang gersang atau minim asupan air serta dapat tumbuh tanpa sinar matahari yang cukup, sehingga jenis tanaman ini bisa ditempatkan indoor.

Dari banyaknya manfaat tersebut, tidak heran jika banyak pebisnis yang memanfaatkan kaktus dan sekulen untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Salah seorang pebisnis tanaman kaktus mini dan sekulen, Perliva Mia Sesca menjual beragam jenis tanaman ini dipatok mulai harga Rp 10.000.

Baca: Cegah Penyebaran Wabah Demam Babi Afrika, Bulgaria Janjikan Kompensasi untuk Pemusnahan Ternak Babi

Baca: Pemilik Alat Berat yang Terpergok Inspeksi KPK di Lokasi Eks Tambang PT JBG Tanahlaut Ditangkap

Baca: Bacaan Niat Puasa Hari ke-3 Dzulhijjah, Besok (Minggu 3 Agustus 2019) Lengkap dengan Jadwalnya

Baca: Jemaah Haul Abah Anang Sesaki Kompleks Pangeran Antasari, Begini Suasananya

"Harganya tergantung jenis, bentuk, dan ukuran, kami jual hingga Rp 300.000. Ada juga kalau mau beli pot saja harganya mulai Rp 25.000-100.000. Dan pot beserta tanamannya mulai Rp 35.000-300.000," jelasnya kepada Banjarmasinpost co.id, Sabtu (3/7/2019).

Perliva gencar memanfaatkan media sosial untuk saran pemasaran, melalui akun Instagram tanaman mini, dia selalu memposting kaktus dan pot yang baru dan unik untuk menarik minat pembeli.

Selain itu, dia juga memiliki toko offline di rumahnya kawasan Landasan Ulin Banjarbaru. Untuk meningkatkan penjualan, Perliva juga membuka stand di Komplek Perkantoran Gubernur setiap Minggu pagi.

Tidak hanya di area Banjarbaru, dia juga menerima pemesanan di seluruh wilayah Indonesia. Dari hasil bisnisnya, Perliva mendapatkan omzet Rp 5-10 juta per bulan.

Dikatakannya, kaktus dan sekulen memiliki keindahan tersendiri yakni bagus untuk dekorasi ruangan dan halaman rumah.

"Kaktus dan sekulen juga memiliki keistimewaan dibandikan tanaman lain yakni minim perawatan dan tanaman ini mampu menghasilkan oksigen selama 24 jam, tidak seperti tanaman lain yang melepaskan karbondioksida pada malam hari," pungkasnya.

Pebisnis kaktus lainnya, Kalis Barori yang berdomisili di Banjarmasin juga menjual tanaman hias meliputi kaktus, sekulen, dan bambu hoki.

"Untuk harga jenis bervariasi mulai dari harga Rp 15.000-150.000 ukuran pot mulai 8cm, 10 cm, dan 12 cm. Harga yang tertera menyesuaikan dengan keunikan dari tanaman jenis lokal dan import serta bentuk pot juga berpengaruh," paparnya.

Baca: Hasil Martapura FC vs Persiba Balikpapan Liga 1 2019 : Skor Babak Pertama 1-0, Gol Aidil Bogel

Baca: Barito Putera Vs Persib Bandung, Ezechiel Siap Membawa Maung Bandung Menang

Baca: Korban Gempa Banten Meninggal Bertambah Jadi 5 Orang, Korban Dilanda Kepanikan

Ditambahkannya, kegunaan tanaman jenis kaktus dapat diletakkan indoor untuk membersihkan polusi udara dari asap rokok dan lainnya.

"Pemasarannya sendiri kami menjual melalui online dan offline. Untuk offline kami berjualan di Jalan A Yani Km 7 setiap Minggu, kami membuka stand dari pukul 07.00-11:00 Wita," kata dia.

Dari hasil bisnis tanaman hias tersebut, Kalis Barori yang bekerjasama dengan Gusti Arva Nala berhasil mendapatkan omzet Rp 4-6 juta per bulan. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved