Berita Tanahbumbu

Abdul Basit Sebut Semua Calhaj Tanahbumbu Sehat, Sekarang Persiapan Arafah Muzdalifah Mina

Saat ini ratusan rombongan calhaj yang sudah berada di Tanah Suci, sekarang persiapan pelaksanaan Arafah Muzdalifah Mina.

Abdul Basit Sebut Semua Calhaj Tanahbumbu Sehat, Sekarang Persiapan Arafah Muzdalifah Mina
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Kepala Kemenag Tanbu H Abdul Basit 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Jemaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Tanahbumbu tahap pertama yang diberangkatkan dan sudah berada di Tanah Suci. Rombongan Calhaj yang berjumlah 198 orang itu dalam keadaan sehat.

Saat ini ratusan rombongan calhaj yang sudah berada di Tanah Suci Mekkah, sekarang persiapan pelaksanaan Arafah Muzdalifah Mina.

Hal itu dikemukakan Kepala Kementerian Agama (Kakemenag) Tanahbumbu H Abdul Basit, ketika dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, Selasa (6/8/2019).

"Begitu laporan sementara kami dapat. Jemaah persiapan Arafah Muzalifah Mina, beberapa kali persiapan manasik," ucap Abdul Basit.

Selain 198 jemaah tahap pertama diberangkatkan di kloter 7 beberapa waktu lalu. Minggu (4/8/2019) Kemenag kembali memberangkatkan calhaj tahap kedua sebanyak 23 orang.

Baca: Satu JCH Kalsel Asal Tabalong Meninggal di RSAS An Noer Mekkah Karena Sakit, Berikut Penjelasannya

Menurut Abdul Basit, diakui meski saat pelepasan tahap kedua yang mayoritas dari jemaah lanjut usia (Lansia) itu, ada beberapa orang dinyatakan sakit ketika dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Namun tidak ada masalah, karena semua bisa diatasi. Sebanyak 24 jemaah lansia, pun lanjut Abdul Basit sudah diberangkatkan.

Sebelumnya sambung dia, dari hasil pemeriksaan kesehatan, terdapat dua orang calhaj kurang HB atas nama Nandrang dan Ronda. Namun sudah teratasi dengan baik.

Selain dua jemaah calhaj atas nama Hendi dan Yetita yang terkena Asma, juga sudah mendapatkan perawatan dan oksigen sehingga teratasi.

Begitu pula calhaj yang terkena gangguan syaraf atas nama Masrun. Empat orang tekanan darah tinggi atas nama Namma, Tapak Koro, Basariah dan pendamping Rumintan Nurhayati. Dan satu orang terserang batuk atas nama Syahbuddin.

Baca: Kembangkan Usaha Minuman Segar Sari Buah Kasturi, Asnah Juga Bikin Wadai Bolu Gulung Kasturi

Setelah mendapatkan penanganan kesehatan yang baik, akhirnya 23 Calhaj Lansia semuanya dapat diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Alhamdulillah dari total 23 calhaj kloter 19 asal Tanahbumbu, semuanya berangkat ke Tanah Suci tanpa ada jemaah calhaj yang tertunda," tandasnya.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved