Opini Publik

Menjaga Marwah Kepramukaan dan Keutuhan NKRI (Refleksi Hari Pramuka ke-58)

Gerakan pramuka merupakan salah satu sendi pendidikan nasional yang dapat menjaga Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Menjaga Marwah Kepramukaan dan Keutuhan NKRI (Refleksi Hari Pramuka ke-58)
istimewa/Humas Pemkab HST
Kegiatan peringatan hari bapak pramuka Indonesia di HST 

Oleh: MUH FAJARUDDIN ATSNAN MPD, Dosen STKIP PGRI Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gerakan pramuka merupakan salah satu sendi pendidikan nasional yang dapat menjaga Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

UU No 12 Tahun 2010 tentang gerakan pramuka, pasal 4 menyebutkan bahwa, gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Jelas bahwa yang menjadi dasar tujuan gerakan pramuka adalah Pancasila dengan cara mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia.

Dengan harapan, agar mereka (baca: anak-anak muda) menjadi manusia-manusia Indonesia yang berkontribusi bagi pembangunan nasisonal. Mengingat maraknya degradasi moral dan mental anak bangsa, tak salah jika kita kemudian kembali berharap kembalinya muruah gerakan pramuka sebagai kendaraan vital dalam penggemblengan karakter dan menjadi pilar pendidikan karakter kebangsaan.

Penggemblengan Karakter

Pembentukan karakter positif generasi penerus dapat diwujudkan salah satunya melalui gerakan pramuka yang di dalamnya berisi kegiatan yang mampu membentuk karakter anak sejak dini.

Pertama, dalam kepramukaan terdapat berbagai macam bentuk permainan berbasis edukasi (pendidikan), dengan sistem beregu atau kelompok yang cocok untuk memupuk sifat dan perilaku bertanggung jawab dan saling bekerjasama tanpa membeda-bedakan suku, agama, dan RAS.
Kedua, dalam gerakan pramuka juga dikenal istilah kode kehormatan, yang mana sangat membantu untuk pembentukan karakter. Kode kehormatan inilah yang menjadi landasan gerak dan langkah dalam kepramukaan dan menjadi cita-cita gerakan pramuka.

Dalam kode kehormatan ini terdapat janji (Tri Satya) dan norma (Dasa Darma) anggota pramuka dan norma-norma yang melandasi sikap dan perilaku anggota pramuka. Janji anggota pramuka akan menjadikan seorang pramuka untuk mempertanggung jawabkan janjinya, sehingga akan terbentuk seorang pramuka yang berani bertanggungjawab.

Sedangkan norma, akan menjadi rambu-rambu yang patut ditaati, serta menjadikan anggotanya untuk selalu memperbaiki sikap dan perilakunya, karena norma tersebut akan memotivasi pada diri anggota pramuka untuk menjadi pramuka yang sebenarnya.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved