Berita HSU

Periksa Sampel Garam di Tabalong, BPOM HSU Dapati Garam Tanpa Ada Kandungan Yodium

Pengambilan sampel garam dari beberapa pasar yang tersebar pada 10 kecamatan di Tabalong ini dilakukan BPOM HSU, Kamis (15/8/2019).

Periksa Sampel Garam di Tabalong, BPOM HSU Dapati Garam Tanpa Ada Kandungan Yodium
HO/Humas BPOM HSU
Pengambilan sampel garam dari beberapa pasar yang tersebar pada 10 kecamatan di Tabalong ini dilakukan BPOM HSU, Kamis (15/8/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Bila pemeriksaan sampel garam di dua pasar di Balangan sehari sebelimnya, ditemukan kandungan yodium di bawah standar, di Tabalong Kantor BPOM HSU justeru menemukan garam tanpa kandungan Yodium.

Pengambilan sampel garam dari beberapa pasar yang tersebar pada 10 kecamatan di Tabalong ini dilakukan BPOM HSU, Kamis (15/8/2019).

Kegiatan ini dilakukan BPOM HSU dalam rangka pelaksanaan Operasi Terpadu Pangan Fortifikasi Garam Beryodium dalam upaya mendukung penurunan stunting.

Kepala Kantor BPOM HSU, Bambang Hery Purwanto, menyampaikan, ada 50 sampel dari 17 merek yang mereka ambil dari pasar di 10 kecamatan.

Setelah dilakukan hasil uji tes cepat yodium terhadap 50 sampel garam didapatkan hasilnya 41 sampel dari dari 15 merk memenuhi ketentuan.

Baca: Demi Hal Ini, Penghuni Lapas Anak Martapura Seminggu Latihan Tarian Kolosal Indonesia Bekerja

Sedangkan tujuh sampel dari dua merek hasil tes cepat yodium menunjukan tidak memenuhi ketentuan.

"Dari tujuh sampel yang tidak memenuhi ketentuan didapatkan dua sampel dari satu merek yang tidak mengandung yodium," katanya.

Terhadap sampel yang tidak memenuhi ketentuan tersebut, imbuhnya, akan dirujuk ke laboratorium Balai Besar POM di Banjarmasin untuk mendapat hasil akhir.

Selanjutnya apabila memang terbukti tidak ada kandungan yodiumnya maka
perusahaan pembuat garam yang tidak memenuhi ketentuan persyaratan yodium itu akan diberikan peringatan dan pembinaan.

Untuk garam yang dijual di pasaran berdasarkan ketentuannya harus mengandung yodium sesuai standar SNI yaitu 30 - 80 ppm. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved