Berita Banjarbaru

Ribuan Napi Kalsel Dapat Remisi 17 Agustus, Paman Birin Serukan Ajakan ini

Sebanyak 5.584 warga binaan yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan, mendapat remisi (pengurangan pidana) dari negara.

Ribuan Napi Kalsel Dapat Remisi 17 Agustus, Paman Birin Serukan Ajakan ini
Foto Humas Kemenkumham
Remisi tersebut diserahkan langsung Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III, Banjarbaru, Sabtu (17/8/2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sebanyak 5.584 warga binaan yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan, mendapat remisi (pengurangan pidana) dari negara.

Diantara napi yang menerima remisi, 215 orang napi dinyatakan langsung bebas.

Remisi tersebut diserahkan langsung Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III, Banjarbaru, Sabtu (17/8/2019).

Dalam sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasona Laoly yang disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, meminta pemberian remisi tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Tetapi remisi dimaknai sebagai apresiasi negara terhadap WBP yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri.

Baca: 5 Jenis Obat yang Sebaiknya Dihindari Diminum Bersama Susu, Ini Bahayanya

Baca: Selebrasi Perayaan Hari Kemerdekaan Terheboh di Dunia, Indonesia Nomor 4

Baca: Postingan Nakal Siti Badriah Setelah Menikah dengan Krisjiana Baharudin Disorot

Baca: PRO KONTRA Gaya Rambut Cornrow Agnez Mo, Terinspirasi Budaya Afirka atau Papua Ya?

Caranya dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri, serta menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional.

"Melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh WBP selalu patuh dan taat kepada hukum atau norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab kepada Tuhan YME maupun sesama manusia," katanya.

Disampaikanya, program Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan sesuai dengan tema perayaan ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, yakni SDM Unggul Indonesia Maju, di mana sama-sama memiliki fokus dalam upaya peningkatan SDM.

Revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan, lanjut dia, menjadi solusi penyelesaian permasalahan pemasyarakatan dan harus mampu menyentuh program pembinaan.

"Sehingga, dapat mengantarkan mereka menjadi manusia yang berkualitas, terampil, dan mandiri serta mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan SDM yang mendukung dan memajukan perekonomian nasional," katanya.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved