Berita Tabalong

Rencanakan Bangun Rumah Sakit Pratama di Kelua, Ini Alasan Pemkab Tabalong

Bupati Tabalong berencana untuk membangun Rumah Sakit Pratama atau Rumah Sakit Tipe D di daerah Selatan Kabupaten Tabalong.

Rencanakan Bangun Rumah Sakit Pratama di Kelua, Ini Alasan Pemkab Tabalong
banjarmasin post.co.id/reni kurnia wati
dr Taufiqurrahman Kadis Kesehatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tabalong, Bupati Tabalong berencana untuk membangun Rumah Sakit Pratama atau Rumah Sakit Tipe D di daerah Selatan Kabupaten Tabalong.

Rumah sakit pratama ini, direncanakan akan dibangun di wilayah Kecamatan Kelua.

 Kepala Dinas Kesehatan dr Taufiqurrahman mengatakan rencana pembangunan Rumah Sakit ini untuk mendukung sebagai penyangga pelayanan kesehatan di wilayah Selatan seperti Kecamatan Banua Lawas, Pugaan, Kelua dan Muara Harus.

 Saat ini banyak pasien yang berasal dari luas daerah yang berobat di Puskesmas di Wilayah Selayan karena letaknya yang juga memang berbatasan dengan Kalimantan Tengah dan Kabupaten  Hulu Sungai Utara (HSU).

Baca: Isu Gugatan Cerai Andre Taulany pada Erin Taulany Beredar, Pengadilan Agama Ungkap Fakta Teman Sule

Baca: Kabut Asap Semakin Parah di Batola, Siswa SMAN 1 Alalak Batola Diingatkan Pakai Masker

Baca: Rencanakan Aksi di Tanjung, Dua Sindikat Curat Nasabah Bank di Palangkaraya Dibekuk Polres Tabalong

Baca: Penyebab Putra BJ Habibie, Tareq Kemal Habibie Pakai Penutup Mata ala Nick Fury di Film Avengers

“Sekarang memang masih perencanaan dan ini merupakan kebijakan bupati yang sangat tepat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

 Warga Kabupaten Tabalong yang berada di perbatasan dengan HSU kadang juga ada yang memilih untuk merujuk ke RSUD Pambalah Batung Amuntai karena lebih dekat.

Dan dengan adanya Rumah Sakit Pratama ini nanti akan memudahkan warga dalam mendapatkan pelayanan di atas pelayanan dasar yaitu Puskesmas.

 Dengan adanya Rumah Sakit Pratama yang juga memiliki Fasilitas rawat inap membantu warga mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dibanding membawa ke RSUD Badaruddin Kasim.

“Meskipun nantinya ada RUmah Sakit Pratama namun pelayanan Puskesmas tetap akan ditingkatkan karena merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama,” ujarnya.

Baca: Kondisi Bayi Kembar Ammar Zoni Pasca Irish Bella Alami Pendarahan Diungkap, Ibel Minta Doa

Baca: STIT Assuniyyah Tambarangan Gelar Kuliah Perdana di Pendopo Balahendang Rantau

Baca: Sidang Perdana Kasus Pencabulan di Limpasu, Jaksa Pastikan Barang Bukti Cukup Jerat Tersangka

 Kepala Puskesmas Kelua dr Ony Erawati mengatakan pihaknya sangat mendukung dengan adanya rencana pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Kelua.

“Pasien bisa mendapatkan pelayanan lanjutan dengan lebih mudah, sebagai rujukan,” ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved