Berita Banjarmasin

Perkenalkan Warga Tanjung Pagar Bikin Kue Kering dari Bekatul, Ini Alasan LK3

Warga Tanjung mendapatkan materi pelatihan pembuatan kue kering. Hanya saja, kali ini bahan yang diolah dari adalah bekatul.

Dari LK3 untuk BPost
LK3 memperkenalkan Warga Tanjung Pagar Bikin Kue Kering dari Bekatul 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Kelurahan Tanjung Pagar Kota Banjarmasin, kembali menggandeng Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) untuk memberdayakan masyarakatnya.

Kali ini LK3 memperkenalkan Bahan Bekatul atau dedak, sisa gilingan padi, sebagai bahan membuat kue kering. Tercipta kue pai susu bekatul dan Kukis bekatul.

Pelatihan dilaksanakan di aula Kelurahan Tanjung Pagar, berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis, 25-26 September 2019.

"Selama dua hari itu, masing-masing diikuti 50 orang peserta, sehingga berhasil melatih 100 orang peserta utusan perempuan dari seluruh RT di kelurahan Tanjung Pagar," kata Rakhmalina Bakhriati, Koordinator Pemberdayaan Ekonomi LK3, Kamis (26/9/2019).

Baca: Pernah datangkan DJ Cantik Internasional, The Peak mulai 1 Oktober Bakal Berwajah Baru

Baca: Selama Musim Kemarau Permintaan Laundry Normal, Ada Promo Untuk Mahasiswa Rp 5.000 per Kg

Baca: Saat Ramai Demo di Berbagai Daerah, Legislator Kalsel Minta Mabes Polri dan Polda Lakukan Ini

Baca: RS Kintap Ditarget Operasi Awal November

Alumni pelatihan, lanjut dia, akan terus diberdayakan, sehingga melahirkan usahawan baru di bidang kuliner, dan mampu memanfaatkan bahan disekitarnya agar bernilai ekonomis.

"Bekatul dipilih sebagai bahan membuat kue, karena di Kelurahan Tanjung Pagar, bahan tersebut masih sangat banyak dan masyarakat tidak tahu bekatul dapat dibuat kue kering yang sehat," timpal Aina Lurah Tanjung Pagar.

Dia mengatakan, memilih menggandeng LK3 dalam melakukan pemberdayaan tersebut, karena LK3 sudah lama melakukan berbagai pemberdayaan di masyarakat. Sudah memiliki komunitas pengrajin kuliner dan kraf yang tergabung dalam komunitas warung rukun. Mereka memiliki banyak pelatih dalam bidang itu.

Baca: Lalui Jalan Berdebu Kunjungi Air Terjun Mandin Mangapan, Rupiana Harapkan Pemerintah Bangun Jalan

Baca: NEWSVIDEO : Mahasiswa Kalsel Gelar Aksi Tolak RUU KPK, RUU KUHP, Minerba, Pertanahan, Pemasyarakatan

"Pemberdayaan dalam rangka melahirkan usahawan baru ini selaras visi Walikota Banjarmasin, menciptakan usahawan baru yang kreatif dan inovatif," pungkas Aina.

(banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved