Berita Tapin

FKUB Tapin Dikukuhkan, Dua Desa ini Jadi Percontohan

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2019-2024 dikukuhkan di Pendopo Balahendang Rantau

FKUB Tapin Dikukuhkan, Dua Desa ini Jadi Percontohan
Dari Humas Kemenag Tapin untuk BPost
Pengukuhan pengurus FKUB Kabupaten Tapin dikukuhkan Staf Ahli Bupati Tapin, H Said di Pendopo Balahendang Rantau, Kamis (10/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2019-2024 dikukuhkan di Pendopo Balahendang Rantau, Kamis (10/10/2019).

M Yusran Rasyidi, Ketua FKUB Kabupaten Tapin menjelaskan keberadaan FKUB menjaga keharmonisan antarumat beragama di Kabupaten Tapin selalu terjalin dan mengantisipasi agar tidak terjadi gesekan antarumat beragama.

Saat ini, FKUB Kabupaten Tapin belum membentuk kepengurusan di tingkat Kecamatan se Kabupaten Tapin. Namun, wilayah Kelurahan Pandansari Kecamatan Binuang dan Desa Salam Babaris, Kecamatan Salam Babaris menjadi wilayah percontohan FKUB.

Kelurahan Pandansari Kecamatan Binuang, binaan FKUB Kabupaten Tapin dan Desa Salam Babaris, Kecamatan Salam Babaris binaan FKUB Provinsi Kalsel.

Baca: BERLANGSUNG! Live Streaming Timnas UEA vs Indonesia Kualifikasi Piala Dunia, Link www.mola.tv & TVRI

Baca: 52 Kelurahan di Banjarmasin Gagal Cairkan Dana Kelurahan Tahap II, Ini Penyebabnya

Baca: Razia Kendaraan Bermotor, Satlantas Polres HST Tilang 22 Pelanggar

Baca: Tunggu Ketua DPRD Definitif, Penetapan Wakil Bupati HST Molor Lagi, Diputuskan Awal November

"Di dua wilayah itu rutin diadakan pertemuan untuk mencari solusi jika ada indikasi konflik antarumat beragama," katanya.

Kedepan, M Yusran Rasyidi akan membentuk lagi desa percontohan FKUB di wilayah Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin.

"Itu kepastiannya setelah FKUB Kabupaten Tapin melakukan peninjauan," katanya.

Anggota FKUB Kabupaten Tapin dari agama Hindu, I Gusti Komang Mahendra berharap keberadaan FKUB menjaga toleransi antarumat beragama di Kabupaten Tapin selalu terjalin harmonis.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tapin ini mengaku sudah berdiri tempat ibadah umat Hindu di Kecamatan Piani. Namanya Pura Batara Tunggal.

"Saat ini perizinan tempat ibadah itu sedang berproses. Tentu saja, kedepannya melalui FKUB Kabupaten Tapin proses perizinan tempat ibadah semua agama yang ada di Kabupaten Tapin ini segera tuntas," katanya.

Pria yang berpangkat inspektur satu polisi ini, ingin keberadaan FKUB Kabupaten Tapin menjamin kemerdekaan umat beragama di Kabupaten Tapin bebas menjalankan ibadah sesuai agama.

Selain itu, program FKUB Kabupaten Tapin kedepannya mampu meningkatkan pengetahuan umat beragama dalam segala bidang, baik politik, sosial, budaya dan kesejahteraan.

Baca: Dapatkan Dana Bagi Hasil 4 Jenis Pajak Ini, Pemkab Tanahlaut Terima Rp 30,9 miliar

Baca: Angela Lee Murka! Buntut Raffi Ahmad Disebut Raba Pinggul, Ini yang Dilakukan Suami Nagita Slavina

Baca: RTH Rantau Baru Disiapkan Bagi Peserta Goweser Tour De Loksado 2019

FKUB Kabupaten Tapin diharapkan menjamin hak semua umat beragama mendapatkan perlakuan yang sama, tak ada diskriminasi dan intolerasi.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Piani, Sahmujid Rahman, SH.I dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id mengaku memang di wilayah kaki pegunungan Meratus ada tiga agama yang tumbuh dan berkembang, yaitu Islam, Kristen dan Hindu serta kepercayaan Kaharingan. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved