Pilkada Kalsel 2020

PPP Banjar Tiadakan Mahar, Cuma Persyaratkan Ini pada Balonbup

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Banjar kini bersiap menjaring bakal calon (balon) bupati/wakil bupati.

PPP Banjar Tiadakan Mahar, Cuma Persyaratkan Ini pada Balonbup
banjarmasinpost.co.id/ idda royani
PENJARINGAN - Ketua DPC PPP H Ahmad Zacki Hafizie (tengah) didampingi dua pengurus teras lainnya menggelar jumpa pers penjaringan bakal calon bupati/wabup Banjar untuk pilkada 2020 mendatang, Senin (28/10) siang, di sekretariat partai setempat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Mendekati pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 2020 mendatang, partai politik (parpol) di Kabupaten Banjar mulai sibuk melakukan persiapan. Seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP) setempat yang kini bersiap menjaring bakal calon (balon) bupati/wakil bupati.

"Terhitung sejak 1 November 2019 nanti kami membuka pendaftaran bakal calon bupati/wabup Banjar," ucap Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kabupaten Banjar H Akhmad Zacky Hafizie SH MH, Senin (28/10/2019).

Pada jumpa pers di sekretariat PPP Banjar di kawasan Jalan Tanjungrema Darat, Martapura, tersebut Zacky mengatakan meski pendaftaran belum dibuka, namun telah ada figur/tokoh Banjar yang mendekat.

"Sudah ada satu orang tokoh yang datang kepada kami," tandas Zacky yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar ini.

Baca: Usir Aurel dari Rumah, Ashanty Sebut Putri Anang Hermansyah dan Krisdayanti Pembangkang

Baca: Geledah Rumah Cakung, Polisi Temukan Sabu 14,38 gram di Mesin Cuci

Baca: Bayaran Manggung Betrand Peto Dianggap Terlalu Mahal, Ruben Onsu Suami Sarwendah Angkat Bicara

Baca: Dishub Jaring Belasan Pelanggar, Dua Remaja Terobos Petugas Tanpa Helm

Didampingi dua pengurus teras DPC PPP Banjar lainnya, Zacky menegaskan penjaringan balon bupati/wabup dilakukan secara transparan dan mudah. "Tidak ada yang namanya mahar politik, yang ada cuma biaya administrasi Rp 1 juta," tegas Zacky.

Persyaratan lainnya yakni usia minimal 25 tahun yang diperkuat oleh akta kelahiran atau akta kenal lahir. Sehat jasmani dan rohani serta terbebas dari narkoba berdasar pemeriksaan dokter atau isnstansi berwenang.

Lalu, tidak pernah dijatuhi hukuman pidana dan memiliki nomor pokok wajib pajak serta menyerahkan naskah visi dan misi atau program kerja. Menyerahkan pakta integritas dan sanggup membiayai proses pilkada.

Apakah balonbup/wabup harus mencari mitra koalisi? Zacky mengatakan hal itu menjadi keharusan karena perolehan kursi PPP di DPRD Banjar hanya lima. Sesuai ketentuan, minimal mesti memiliki sembilan kursi untuk bisa mengusung calon bupati/wabup.

"Jadi, otomatis bakal calon yang ingin kami usung mesti mencari parpol koalisi guna mencukupi kekurangan jumlah kursi," papar Zacky.

Pihaknya membuka pintu lebar-lebar bagi siapa pun untuk datang dan mendaftarkan diri di PPP Banjar. Terutama untuk posisi bakal calon bupati, sedangkan untuk posisi bakal calon wabup telah ada figur dari internal PPP Banjar yang cukup potensial.

"Karena itu kelak untuk menetapkan siapa bakal calon bupati yang akan diusung, itu nanti akan kami bahas bersama dengan parpol koalisi," ucap Zacky.

Baca: Hujan Lebat Guyur Kapuas, Dua Desa di Kecamatan Mandau Talawang Dilanda Banjir

Baca: Kemenpan Janjikan Tambahan Formasi CPNS dan PPPK Tanahbumbu Tahun 2020, Tanahbumbu Dapat 145 Formasi

Baca: Warga Tabu Darat Hilir LAS HST Tewas Dipatuk Ular Saat Mencari Ikan, Ada Bekas Gigitan di Tangan

Sekadar diketahui, pilkada serentak pilkada (bupati/gubernur) akan digelar pada 23 September 2020 mendatang. Lantaran pelaksanaannya mendekati pengujung tahun, kepala daerah terpilih bakal dilantik awal 2021 sehingga periodisasi masa jabatannya yakni 2021-2026.

Di Kabupaten Banjar hingga saat ini telah ada empat parpol yang telah mengumumkan secara terbuka penjaringan bakal calon bupati/wabup Banjar. Pertama, PDIP kemudian Partai Golkar, Nasional Demokrat (Nasdem) dan ketiganya telah menutup penjaringan. Terkini giliran PPP yang membuka penjaringan.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved