Berita Banjarbaru

Disbunak Kalsel Programkan Irigasi Perpompaan Atasi Kekurangan Pakan Ternak, Begini Reaksi Peternak

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, melalui Seksi Prasarana dan Sarana Peternakan meninjau kesiapan lokasi irigasi perpompaan.

Disbunak Kalsel Programkan Irigasi Perpompaan Atasi Kekurangan Pakan Ternak, Begini Reaksi Peternak
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Ilustrasi : Irigasi perpipaan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, melalui Seksi Prasarana dan Sarana Peternakan meninjau kesiapan lokasi irigasi perpompaan yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), belum lama tadi.

Peninjauan ini dilakukan sebagai respon atas keluhan peternak terhadap sulitnya mendapatkan akses air untuk pakan dan minum ternak beberapa waktu terakhir.

Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Peternakan, Sri Amyati Selasa (29/10/2019) menjelaskan, ada 5 lokasi yang disurvei dalam kegiatan kali ini.

"Setidaknya ada 5 lokasi di Kecamatan Batu Mandi dan Hantakan yang kita survei. Tujuannya untuk memastikan adanya sumber mata air permukaan disekitar lokasi, sehingga dapat mempermudah pelaksanaan program irigasi perpompaan,"jelasnya.

Baca: Jawaban Menohok Ayu Ting Ting Sikapi Isu Enji Baskoro Tak Diizinkan Bertemu Bilqis dan Mau Somasi

Baca: Sempat Rendam Dua Desa di Kecamatan Mandau Talawang Kabupaten Kapuas, Kondisi Banjir Mulai Surut

Baca: Diduga Kelaparan, Anak Bekantan Ini Tersesat di Gang Gandapura Mantuil Banjarmasin

Baca: Isi ATM Raffi Ahmad Dibongkar Seteru Nikita Mirzani, Duit Suami Nagita Slavina Sebanyak Barbie?

Merespon hal tersebut, Madi (69), salah satu ketua kelompok tani di Kecamatan Batu Mandi, mengaku senang atas gerak cepat pemerintah daerah dalam merespon keluhan peternak.

"Alhamdulillah kami bersyukur pemerintah mendengarkan keluhan kami. Musim kemarau tahun ini memang terasa lebih panjang dari tahun sebelumnya. Banyak rumput yang mati, semoga dengan adanya bantuan irigasi perpompaan ini kemarau tahun depan tidak jadi masalah lagi bagi kami", kata Madi.

Irigasi perpompaan merupakan pola irigasi dengan memanfaatkan perpipaan untuk mengalirkan air dari sumber air permukaan menggunakan mesin pompa.

Baca: NEWSVIDEO : Gelar Operasi Antik Intan 2019 Polres Banjarbaru Bekuk Puluhan Tersangka Kasus Narkotika

Baca: LIVE beIN Sport 1! Live Streaming Barcelona vs Real Valladolid Liga Spanyol Cek Streaming TV Online

Baca: Pengedar di Karanganyar Banjarbaru Ini Lempar Sabu di Jalan, Polisi Sita 325 Gram Sabu

Untuk tahun 2019 sendiri program irigasi perpompaan sudah direalisasikan di tiga lokasi, meliputi Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu. Program ini dan terbilang efektif mengatasi permasalahan sulitnya akses air di musim kemarau. (banjarmasinpost.co.id /nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved