Berita Internasional

Militer AS Dilaporkan Mengubur Jenazah Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di Laut

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley menjelaskan, mereka membawa sisa jenazah Abu Bakar al-Baghdadi dan menangkap dua anggota ISIS.

Militer AS Dilaporkan Mengubur Jenazah Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di Laut
specs ops magazine
Ilustrasi Pasukan Delta Force, kesatuan elit Angkatan Darat Amerika yang membunuh pimpinan ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, WASHINGTON DC - Pemerintah Amerika Serikat menyatakan jenasah Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi yang berhasil dibunuh pasukan khsusu AS di Suriah, telah dikubur di laut oleh militer AS pasca-operasi Sabtu malam (26/10/2019).

Dilansir dari Kompas.com, Baghdadi tewas dengan mengaktifkan rom bunuh diri yang dibawanya ketika disudutkan Pasukan Delta di persembunyiannya yang berlokasi di desa Barisha.

Seekor anjing militer yang dibawa menjadi pahlawan setelah mengejar Pemimpin ISIS itu, dan memaksanya meledakkan diri, membunuh tiga anak yang bersamanya.

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley menjelaskan, mereka membawa sisa jenazah Abu Bakar al-Baghdadi dan menangkap dua anggota ISIS.

"Sisa Baghdadi kemudian dibawa ke fasilitas yang aman untuk dilakukan pemeriksaan DNA guna memastikan identitasnya," katanya dilansir AFP Senin (28/10/2019).

Baca: Dikenal Pasukan Paling Elit AS, Ini 5 Fakta Delta Porce Pasukan Pembunuh Panglima ISIS Al Baghdadi

Milley melanjutkan, jenazah sosok yang dihargai 25 juta dollar AS, atau Rp 350 miliar, sudah ditangani sesuai dengan "aturan kontak senjata".

Pejabat anonim Pentagon mengungkapkan, jenazah Baghdadi telah dikuburkan di laut, di lokasi yang tidak bisa disebutkan secara detil.

AS sebelumnya pernah melakukan hal yang sama ketika Pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden, tewas ditembak dalam operasi di Pakistan pada 2011.

"Penanganan jenazahnya telah dilaksanakan. Lengkap dan ditangani secara tepat," jelas Jenderal Milley kepada awak media.

Kurdi Suriah, sekutu AS dalam operasi membasmi ISIS, mengklaim intelijen mereka berperan besar dalam menentukan lokasi Baghdadi.

Penasihat senior Pasukan Demokratik Suriah (SDF) Polat Can menuturkan, mereka mengambil DNA Baghdadi dari celana dalamnya.

Baca: Trump Ingin Rilis Video al Baghdadi: Biar Dunia Tahu Pimpinan ISIS Merengek di Saat-saat Terakhirnya

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved