PT Adaro Indonesia

Dukung Program Kampung Iklim di Barito Timur, PT Adaro Indonesia Berikan Bibit Tanaman Buah-buahan

PT Adaro Indonesia melaksanakan Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Banyu Landas dengan menyerahkan bibit tanaman buah-buahan di Desa Banyulandas

Dukung Program Kampung Iklim di Barito Timur, PT Adaro Indonesia Berikan Bibit Tanaman Buah-buahan
PT Adari Indonesia
PT Adaro Indonesia melaksanakan Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Banyu Landas dengan menyerahkan bibit tanaman buah-buahan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup Barito Timur bersama CSR PT Adaro Indonesia melaksanakan Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Banyu Landas dalam bentuk penanaman bibit tanaman buah-buahan.

Bibit tanaman ini diserahkan secara simbolis oleh Bahmi, Supervisor CSR PT Adaro Indonesia kepada perwakilan warga Desa Banyu Landas dengan disaksikan Lurikto, Plt Kepala DLH Bartim dan didampingi Wayan Cakre, Plt Kades Desa Banyu Landas serta Bahran selaku Kades terpilih Desa Banyu Landas dalam acara Sosialisasi sekaligus Penyerahan Bantuan Bibit Tanaman Buah-Buahan Dalam Program Kampung Iklim di Desa Banyu Landas pada akhir Oktober lalu.

Acara ini juga dihadiri oleh Bidang Tata Lingkungan DLH Kab Bartim, perwakilan Camat Benua Lima, Perwakilan Kapolsek Benua Lima, Dandim Benua Lima, serta para tokoh masyarakat Desa Banyu Landas.

"Program Kampung Iklim ini sudah menjadi perhatian sampai ke tingkat internasional, bahkan pemerintah akan memberikan penghargaan kepada Desa atau Kampung yang ikut berpartisipasi dalam program ini," papar Lurikto dalam sambutannya seraya menambahkan Banyu Landas diharapkan bisa menjadi percontohan di wilayah Bartim.

Dalam acara ini CSR PT Adaro Indonesia melalui DLH Bartim menyerahkan 160 bibit tanaman buah-buahan yang antara lain bibit durian, mangga, sawo, cempedak dan rambutan.

Bibit ini nantinya akan dibagikan kepada setiap Kepala Keluarga di Desa Banyu Landas agar ditanam di sekitar halaman rumah masing-masing keluarga.

Bantuan bibit pohon ini merupakan upaya menyikapi serta cara toleransi untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan iklim.

"Ini akan menjadi media edukasi untuk generasi kita bahwa manfaat menanam pohon dan merawatnya sebagai sedekah Bumi yang manfaatnya akan kembali dirasakan secara luas. Melalui tanaman produktif seperti tanaman buah, selain memberi teduhan untuk lokasi sekitar agar lebih sejuk, serta bagian dari kontribusi kita kepada makhluk Tuhan lainnya sebagai tempat berlindung satwa lain seperti burung, serangga juga binatang lainya," jelas Bahmi saat melakukan penyerahan bibit tanaman secara simbolis kepada salah satu warga.

Bahmi juga menambahkan bahwa pohon dapat mengurangi erosi, menyerap air dan menyimpannya serta sebagai penghasil oksigen untuk makhluk hidup. Selain itu Program strategis Kementrian Lingkungan Hidup dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui DLH di daerah yang turut didukung Perusahaan Lokal adalah Sekolah Adiwiyata dari tingkat dasar hingga menengah.

"Ini dilakukan agar terciptanya kondisi sekolah serta warga sekolah yang mempunyai tempat pembelajaran yang lebih baik. Serta kedepannya bisa mencetak generasi yang turut berperan serta, bertanggung jawab dan berwawasan lingkungan," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved