Berita Banjarmasin

Pagelaran Wayang Kulit Ki Mulyono Purwo Wijoyo di Lapangan SKB Banjarmasin, Angkat Tema Kepahlawanan

Lakon yang diangkat oleh Ki Mulyono ini adalh cerita tentang kepahlawanan yang dipupuk sejak dini dan membawa dampak positif untuk umat manusia.

Pagelaran Wayang Kulit Ki Mulyono Purwo Wijoyo di Lapangan SKB Banjarmasin, Angkat Tema Kepahlawanan
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Pergelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Mulyono Purwo Wijoyomengangkat lakon atau cerita berjudul Wahyu Cakraningrat. 

BERITA BANJARMASIN - Paguyuban Kulowargo Jowo (Pakuwojo) Kalsel bekerjasama dengan beberapa organisasi warga Jawa yang ada di Kalsel menggelar pementasan kesenian khas Jawa yakni Wayang Kulit, hari ini Rabu (13/11/2019) malam di Lapangan SKB di Jalan Mulawarman Banjarmasin.

Pergelaran Wayang Kulit semalam suntuk ini sendiri mengangkat lakon atau cerita berjudul Wahyu Cakraningrat, dengan dalang Ki Mulyono Purwo Wijoyo yang berasal dari Klaten dan membawa puluhan kru pemain musik serta sinden.

Lakon yang diangkat oleh Ki Mulyono ini sendiri mengangkat cerita tentang kepahlawanan yang dipupuk sejak dini dan membawa dampak positif untuk umat manusia.

"Ini cerita tentang seorang anak muda yang memiliki perjuangan yang tangguh untuk diri sendiri, keluarga serta nusa dan bangsa. Jiwa kepahlawanan dipupuk sejak dini akan memberikan kontribusi positif bagi umat manusia," katanya.

Lusa Malam Pergelaran Wayang Kulit Jawa di Lapangan SKB, Ini Dalang dan Bintang Tamunya

Ki Mulyono menambahkan bahwa cerita kepahlawanan ini diangkat karena menyesuaikan dengan suasana peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November.

"Temanya sesuai dengan suasana peringatan hari kepahlawanan," jelasnya.

Sementara itu Ketua I Pakuwojo Kalsel, Mujiyat menerangkan bahwa pergelaran Wayang Kulit ini karena memiliki simbol-simbol kehidupan bermasyarakat.

"Wayang ada simbol-simbol kehidupan. Ada kepahlawanan, raja dan rakyatnya. Dan dalam cerita ini kalau dipahamo masyarakat berhak untuk menjadi pahlawan, baik di rumah tangganya, kampung halaman bahkan juga di masyarakat," katanya.

Sabariah Berurai Air Mata Lihat Gubuknya di Antasan Kecil Timur Dibangun Lewat Program Bedah Rumah

Mujiyat menambahkan sengaja mendapatkan dalang dari Jawa serta beberapa bintang tamu seperti Apri dan Mimin yang bergelut di dunia seni suara dan lawak,yang sedang ngehits.

"Tujuannya untuk lebih menghibur tamu atau undangan yang datang," katanya.

Pergelaran Wayang Kulot ini sendiri dihadiri oleh masyarakat umum yang tentunya didominasi oleh warga Jawa yang ada di Kalsel, dan meskipun suasana hujan namun antusias pengunjung sangat tinggi.

Turut hadir juga dalam acara ini, Pemimpin Umum Banjarmasin Post yakni Wahyu Indrayanta.(banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved