Berita Banjarmasin

KPU Kalsel Berharap Usia Petugas PPK, PPS dan KPPS Pilkada 2020 Maksimal 60 Tahun, Antisipasi Korban

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin resmi telah meluncurkan tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin, Kamis (14/11/2019)

KPU Kalsel Berharap Usia Petugas PPK, PPS dan KPPS Pilkada 2020 Maksimal 60 Tahun, Antisipasi Korban
banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani
Komisioner KPU RI, Ilham Syahputra, Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur dan wali kota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat menekan tombol sirine pertanda telah diluncurkannya tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin, Kamis (14/11/2019) siang tadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin resmi telah meluncurkan tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin, Kamis (14/11/2019) siang tadi.

Bertempat di Menara Pandang Taman Siring Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin Kalsel, pada peluncuran tersebut pun dihadiri oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu beserta wakilnya, H Hermansyah.

Nampak terlihat pula, Komisioner KPU RI, Ilham Syahputra, Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur, Kepala Kanwil Kemenag Kota Banjarmasin, Kejaksaan dan tamu undangan lainnya.

Pada acara itu, peluncuran tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin 2020 sendiri, ditandai dengan prosesi penekanan tombol sirine yang juga diikuti terbukanya tirai.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur mengatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat kota Banjarmasin bahwa KPU Kota Banjarmasin telah siap untuk melaksanakan penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota.

Pilkada Banjarmasin 2020, Ingin Ulang Kesuksesan, Calon Petahana Ibnu Sina Daftar ke Gerindra

Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Coba Ayunan di Acara Baayun Maulid Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru

Maju Pilkada Balangan 2020, Wakil Ketua DPRD Balangan Abdul Hadi Daftarkan Diri ke Beberapa Partai

Selain itu, meski pemungutan suara Pilwali dilakukan pada 23 September 2020 mendatang, ia mengharapkan dengan acara launching tersebut informasi kepada masyarakat akan adanya pemilihan wali kota dan wakil wali kota tersampaikan.

" Sehingga ke depan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih. Dan Alhamdulillah juga pada waktu kemarin partisipasi masyarakat kota Banjarmasin memilih sebanyak 82 persen. Dan mudah-mudahan ketika pemilihan walikota dan wakil wali kota nanti ini akan terus meningkat, " jelasnya.

Tidak hanya itu yang juga cukup menarik seiring kehadiran Komisioner KPU RI, Ilham Syahputra pada peluncuran tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin tadi, ia sempat membeberkan tentang evaluasi pelaksanaan Pileg dan Pilpres serentak pada 2019.

Pasalnya, terkait banyaknya sejumlah badan ad hoc yang berjatuhan karena kelelahan sehingga memicu penyakit bawaannya, membuat pihaknya pun berencana akan merevisi PKPU, salah satunya terkait pembatasan usia.

" Kami mungkin nanti akan membatasi usia. Kalau usia minimal 17 tahun, mungkin sudah ada di undang-undang. Tapi mengenai batas maksimal itu yang belum ada," jelasnya.

Oleh karenanya, mengenai batas maksimal Ilham berharap ke depan para penjaringan badan ad hoc baik PPK, PPS, dan KPPS harus dibawah 60 tahun. Selain itu, tidak terkecuali mengenai terkait kesehatan pihaknya juga berencana akan bekerjasama dengan dinas kesehatan.

" Karena dengan dokter atau para medis nantinya itu setidaknya bisa membantu memastikan pemeriksaan kesehatan masing-masing petugas ad hoc," jelasnya. (banjarmasinpost.co.id/Gha)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved