Berita Banjarbaru

Diduga Hasil Pembalakan Liar, Ratusan Balok Ulin Diamankan di Cantung Kotabaru

Ratusan balokan kayu Ulin ilegal berhasil diamankan oleh tim Patroli Polisi Hutan (Polhut) dan Tentara Khusus Pengamanan Hutan (TKPH)KPH Cantung

Diduga Hasil Pembalakan Liar, Ratusan Balok Ulin Diamankan di Cantung Kotabaru
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Kepala Seksi Pengamanan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Hariyadi saat menunjukkan kayu Ulin. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Ratusan balokan kayu Ulin ilegal berhasil diamankan oleh tim Patroli Polisi Hutan (Polhut) dan Tentara Khusus Pengamanan Hutan (TKPH) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung Kabupaten Kotabaru.

Kayu ilegal ini diduga berasal dari penebangan liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ratusan kayu ulin dengan rata-rata ukuran 5 x 10 x 200 cm dari Cantung, Kotabaru ini telah diserahkan ke Dinas Kehutanan Kalsel di Banjarbaru pada Kamis (28/11) lalu dan untuk dilakukan proses lelang.

Kepala Seksi Pengamanan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Hariyadi, mengatakan temuan ratusan kayu ilegal ini merupakan hasil operasi giat petugas selama enam bulan terakhir.

"Total yang diamankan, sebanyak 664 potong kayu ulin atau setara dengan volume 6,64 meter kubik (m3)," katanya, Senin, (2/12/2019).

Kabar Gembira, Sebentar Lagi Jembatan Sungai Bamban Ambungan Tanahlaut Dibuka, Ini Jadwal Resminya!

Skor 0-0, Live Streaming Semen Padang vs Bali United di TV Online Vidio.com Menuju Juara Liga 1 2019

Ganti Rugi Tuntas, Akhir Desember Jalan Masjid Jami Diharapkan Bersih dari Bangunan

Istri Menderita Penyakit Aneh, Wajah & Kulit Tubuh Melepuh Seperti Terbakar, Andi Lakukan Hal Ini

Selama enam bulan terakhir, jumlah temuan kayu ulinnya bervariasi. Ada yang satu kubik, ada juga yang dua kubik hingga terkumpul dengan jumlah mencapai ratusan potong.

"Kayu ulin yang sudah berbentuk balok tersebut tidak bertuan. Kami menduga bahwa kayu ulin ini ditinggalkan atau memang disimpan namun diketahui lebih dulu oleh petugas di lapangan," lanjutnya.

Ada yang ditemukan dipinggir jalan ditutup rumput dan dedaunan. Ada juga yang ditumpahkan di jalan, karena sudah ketahuan oleh petugas.

Ratusan kayu ulin dengan rata-rata ukuran 5 x 10 x 200 cm dari Cantung, Kotabaru ini telah diserahkan ke Dinas Kehutanan Kalsel di Banjarbaru pada Kamis (28/11), untuk dilakukan proses lelang.

"Dikirimnya kayu ulin ini ke Banjarbaru, selain karena sudah menumpuk juga dikhawatikan akan keamanannya," ujarnya lagi.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved