Berita Kalteng

11 Ribu Hektare Lahan Tidak Produktif Masuk Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat

Program peremajaan kelapa sawit rakyat tahun 2019 secara nasional untuk Provinsi Kalimantan Tengah ditargetkan mencapai 11.440 hektare, namun

11 Ribu Hektare Lahan Tidak Produktif Masuk Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Kepala Dinas Perkebunan Kalteng, Rawing Rambang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Program peremajaan kelapa sawit rakyat tahun 2019 secara nasional untuk Provinsi Kalimantan Tengah ditargetkan mencapai 11.440 hektare, namun hingga Bulan September 2019 yang terealisasi hanya mencapai 4.444 hektare atau 38,85 persen.

Dalam peremajaan tersebut, pekebun rakyat yang mengembangkannya mencapai 1.689 yang selama ini berada di beberapa kabupaten diantaranya, Kabupaten Barito Utara, Sukamara, Palangkaraya, Kotawaringin Barat, Kabupaten Pulangpisau, Seruyan, dan Kotawaringin Timur.

Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah, Rawing Rambang, Selasa (3/12/2019) mengungkapkan, peremajaan kebun sawit tersebut merupakan permohonan dari masyarakat yang diusulkan ke pusat, agar lahan-lahan yang tidak produktif dimanfaatkan.

Kedatangan Syahrini Bikin Perempuan Ini Menangis, Istri Reino Barack Berulah Lagi?

Senasib Ibu Ayu Ting Ting, Mama Via Vallen Juga Dinyinyiri Gara-gara Pakai Emas, Serupa Umi Kalsum?

Gerakan Jari Agnez Mo Saat Ngaku Tak Berdarah Indonesia Disorot Pakar, Ini Fakta Eks Roger Danuarta

Rawing membenarkan, hingga saat ini, yang terealisasi baru mencapai 38,85 persen untuk program peremajaan tersebut atau mencapai 4000 hektare.

Namun itu sudah cukup baik untuk Kalteng, karena lahan yang dipakai adalah lahan tidak produktif dimanfaatkan untuk menanam sawit rakyat.

Masing-masing pekebun rakyat yang telah mengikuti program peremajaan tersebut untuk satu hektarenya diberikan bantuan Rp25 juta.

"Program tersebut akan dilanjutkan pada tahun-tahun selanjutnya hingga harapannya, target nasional untuk Kalteng sebesar 11 ribu hektare bisa tercapai," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved