Pilkada Kalsel 2010

Pilkada Kalsel 2020, Jadwal Penyerahan Dukungan Akomodir Paslon Independen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) kembali melakukan penyesuaian terkait tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)

Pilkada Kalsel 2020,  Jadwal Penyerahan Dukungan Akomodir Paslon Independen
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Sarmuji, Ketua KPU Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) kembali melakukan penyesuaian terkait tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) melalui Peraturan KPU (PKPU) Nomor 16 Tahun 2019.

Salah satu hal yang dirubah yaitu terkait waktu penyerahan bukti dukungan data KTP bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur jalur independen.

PKPU Nomor 16 Tahun 2019 menyatakan waktu penyerahan bukti dukungan data KTP bagi pasangan calon jalur independen selama lima hari pada 16-20 Pebruari 2020.

Dimana sebelumnya pada PKPU Nomor 15 Tahun 2019, jadwal penyerahan bukti dukungan mulai 9 Desember 2019 hingga 3 Maret 2020.

Penampakan Terkini Ali Syakieb Saat Citra Kirana dan Rezky Adhitya Bulan Madu di Italia Terungkap

KalselPedia : Obyek Wisata di Kabupaten Banjar

Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Resmi Beroperasi, Biro Travel di Kalsel Rasakan Dampak Positif

Balapan Liar Resahkan Warga Palangkaraya, Polisi Amankan 21 Kendaraan Bermotor

Dijelaskan Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji, walaupun tenggang waktu penyerahan bukti dukungan KTP pasangan calon independen menjadi lebih singkat namun pada PKPU Nomor 16 tersebut justru memberi ruang lebih luas kepada pasangan calon independen untuk bisa maju bertarung di Pilkada Kalsel 2020.

Pasalnya, pada PKPU Nomor 16 Tahun 2019 juga memberikan kesempatan bagi para pasangan calon jalur independen untuk melakukan perbaikan data bukti dukungan yang dijadwalkan pada 29 April hingga 1 Mei 2020.

Sehingga jika ada data bukti dukungan yang kurang atau gugur saat melalui verifikasi faktual setelah masa penyerahan awal, pasangan calon jalur independen masih bisa memperbaiki data bukti dukungannya pada masa perbaikan yaitu 29 April hingga 1 Mei 2020.

"Kalau PKPU sebelumnya walau masa penyerahan panjang, tapi tidak ada masa perbaikan. Kalau setelah lewat masa penyerahan dan lanjut ke verifikasi faktual ternyata data bukti dukungan kurang karena ada yang gugur selesai sudah tidak bisa maju mencalon," kata Sarmuji.

Pada PKPU Nomor 16 Tahun 2019 proses tersebut lebih bertahap.

Yaitu setelah penyerahan data awal pada 16-20 Pebruari 2020, KPU akan melakukan verifikasi administrasi untuk mengetahui jumlah dan sebaran data bukti dukungan.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved