Kalselpedia

NEWSVIDEO: Kalselpedia, BPJS Ketenagakerjaan Miliki Program JKK dan JKM, Berikut Manfaatnya

Dalam melindungi dan mensejahterakan pekerja, BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program yang merangkul para tenaga kerja.

BANJARMASINPOST.CO.ID, Kalselpedia - Dalam melindungi dan mensejahterakan pekerja, BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program yang merangkul para tenaga kerja.

Program pertama yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Manfaat program JKK di antaranya pengobatan dan perawatan meliputi pemeriksaan dasar hingga perawatan intensif, diagnostic, pelayanan khusus, alat kesehatan dan implant, jasa dokter dan operasi, transfusi darah serta rehabitiasi medik.

Kalselpedia: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin Sempat Beberapa Kali Ganti Nama

Kalselpedia: Tidak Perlu Antre, BPJS Ketenagakerjaan Fasilitasi Layanan Digital BPJSTKU

Kalselpedia: Selain Program JKK dan JKM Ada JHT dan JP, Simak Penjelasannya

Santunan yang diberikan berupa uang penggantian biaya atau klaim, senilai mulai Rp 2 juta hingga Rp 10 juta tengantung medan terjadinya risiko kecelakaan terdiri dari darat, laut, dan udara.

Berikutnya ada santunan sementara tidak mampu bekerja (STMB) sebesar 100 persen selama setahun, layanan homecare maskimal untuk satu tahun sebesar Rp 20 juta, santunan berkala cacat total Rp 12 juta, klaim alat bantu dengar Rp 2,5 juta, klaim gigi tiruan maksimal Rp 5 juta, klaim kacamatan Rp 1 juta, dan pemeriksaan diagnostik.

Rincian iuran JKK yakni tingkat risiko sangat rendah: 0,24 persen dari upah satu bulan, tingkat risiko rendah: 0,54 persen dari upah satu bulan, tingkat risiko sedang: 0,59 persen dari upah satu bulan, tingkat risiko tinggi: 1,27 persen dari upah satu bulan, tingkat risiko sangat tinggi: 1,74 persen dari upah satu bulan.

Program kedua yaitu Jaminan Kematian (JKM), memberikan manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja.

Santunan untuk biaya pemakaman diberikan sebesar Rp 10 juta, santunan kematian Rp 20 juta disertai biaya lainnya total Rp 42 juta.

(banjarmasinpost.co.id /Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved