Berita Banjar

VIDEO Musala Ar-Raudhah, Ada Kubah Tempat Guru Sekumpul Dimakamkan

Musala Ar-Raudhah di Sekumpul Kabupaten Banjar, Ada Kubah Tempat Guru Sekumpul Dimakamkan

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Musala Ar-Raudhah cukup mudah dicari dan ditempuh oleh masyarakat. Di dalam komplek Ar-Raudhah Sekumpul ini, selain bangunan Musala Ar-Raudhah dan rumah kediaman keluarga Guru Sekumpul, terdapat pula bangunan kubah (Kubah Sekumpul), di mana di dalamnya dimakamkan Guru Sekumpul, ibu, paman dan guru beliau.

Masih dari informasi yang dirangkum dari bappelitbang.banjarkab.go.id bila akan ke Mushalla Ar-Raudhah warga sekitar dengan senang hati menyediakan kamar untuk bermalam para penziarah yang datang dari tempat yang jauh.

Bahkan, pada kegiatan tahunan haul KH. Zaini Ghani (Guru Sekumpul), mereka akan berlomba-lomba memberi akomodasi gratis bagi para tamu.

Sekitar Mushalla Ar-Raudhah, bertempat dekat dengan pusat kota Martapura, memberikan pilihan yang sangat beragam bagi para pengunjung yang ingin mencoba kuliner di sela aktifitas ziarah di kabupaten Banjar. Mulai dari kuliner modern, hingga khas kalsel tersedia disini.

Bupati H Khalilurrahman Tinjau Kesiapan Haul Guru Sekumpul, Ikut Aduk Menu Masak Telur Bumbu Habang

Jatuh Tenggelam ke Sungai Kelayan Banjarmasin, Dua Bocah Ini Ditemukan Meninggal Dunia

Sudah 44 Negara Teriak Terpapar Virus Corona, Terungkap Begini Sebenarnya Virus Corona Menyebar

Jemaah Haul Lewat Sungai Mulai Ramai, Tambat di Dermaga di Martapura Ini Kotak Masuk

Jangan khawatir dengan keamanan diri maupun kendaraan Anda, tempat ziarah Sekumpul khususnya di Mushalla Ar-Raudhah dijaga dengan baik oleh pengurus dan warga sekitar

Terdapat papan keterangan dan penunjuk arah yang baik di Mushalla Ar-Raudhah. Terletak di area perkotaan, akan mudah mendapatkan akses layanan kesehatan jika diperlukan.

Makam KH. Zaini Abdul Ghani atau Guru Ijai di dekat Mushalla Ar-Raudah, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura Kota, tak pernah sepi dari para peziarah. Semenjak dikebumikan Agustus 2005 lalu, makam Guru Sekumpul selalu ramai. Ratusan peziarah silih berganti membaca surah Yasin di depan makam ulama kharismatik tersebut.

Titik sentral

Mushalla Ar Raudhah di Kelurahan Sekumpul -dulu Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, Kalimantan Selatan.

Jadi titik sentral pengajian agama, pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW, dan ibadah lainnya yang dipimpin oleh ulama besar Martapura Al’Alimul Allamah Al’arif Billah KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani -Abah Guru Sekumpul-.

Halaman
123
Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved