Serambi Mekkah

MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Banjar di Sambungmakmur Dimulai, Begini Pesan Guru Khalil

MTQ Tingkat Kabupaten Banjar di Sambungmakmur Dimulai, Begini Pesan Guru Khalil

MC Dinas Kominfo Banjar
MERIAH - Suasana kemeriahan pada pembukaan MTQ ke-44 di Kecamatan Sambungmakmur, Jumat (6/3/2020) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Suasana Desa Madurejo, Kecamayan Sambungmakmur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), begitu semarak sejak sore kemarin hingga beberapa hari mendatang. Ini menyusul pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Banjar XLIV yang digelar di wilayah setempat.

Kegiatan religius itu dipusatkan di Lapangan Gunung Sambung, Kecamatan Sambungmakmur. Kegiatan diawali pawai ta'aruf pada Jumat (6/3/2020) sore hari dan malamnya dilanjutkan acara pembukaan.

Seperti saat pawai ta'aruf, masyarakat juga sangat antusias menghadiri acara pembukaan tersebut. Apalagi orang nomor satu di Bumi Barakat yakni H Khalilurrahman (bupati) datang dan membuka secara resmi MTQ tersebut.

Dalam sambutannya, Guru Khalil begitu H Khalilurrahman akrab disapa menyatakan apresiasinya kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan MTQ ke-44 saat ini. Terutama kepada masyarakat Sambungmakmur.

 

Guru Khalil menrgaskan MTQ merupakan salah satu jalan bagi umat muslim untuk mendekatkan diri pada kitab suci Alquran sebagai pedoman hidup bermasyarat, berbangsa, dan bernegara.

Dikatakannya, MTQ merupakan bahan evaluasi pembelajaran Alquran di tengah-tengah masyarakat terutama untuk peserta didik serta upaya mendorong pendalaman ajaran agama untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan kata lain yakni membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat. Jangan saat ada masalah lalu update status di media sosial,mengeluh ke sana ke mari. Jadikan Alquran sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan demi tercapainya masyarakat Banjar yang sejahtera dan barokah,” ucapnya.

Suasana kemeriahan pada pembukaan MTQ ke-44 di Kecamatan Sambungmakmur Kabupaten Banjar.
Suasana kemeriahan pada pembukaan MTQ ke-44 di Kecamatan Sambungmakmur Kabupaten Banjar. (MC Dinas Kominfo Banjar)

Senentara itu, Ketua Umum Panitia yang juga Camat Sambungmakmur Sukasto menyatakan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Banjar yang telah mempercayakan Kecamatan Sambungmakmur sebagai pelaksana MTQ ke-44.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan MTQ pihaknya dibantu dana hibah sebesar Rp 1 miliar oleh Pemerintah Kabupaten Banjar. Selain itu ada juga bantuan dari masyarakat.

"MTQ ini dilaksanakan mulai 6 Maret hingga 10 Maret 2020. Jumlah peserta sekitar 5.000 orang dari 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar,” sebutnya.

Guna menghibur masyarakat, panitia pelaksana mendatangkan penyanyi gambus terkenal yakni Nissa Sabyan. Dalam penampilan bersama grup musiknya pada malam pembukaan MTQ ini, Nissa Sabyan membawakan beberapa lagu andalannya. Masyarakat pun sangat antusias. (AOL)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved