Berita Internasional

Ciri Orang yang Lebih Kebal Virus Corona Berdasarkan Golongan Darah Diungkap Peneliti China

Virus Corona atau yang sering disebut Covid-19 sedang mewabah di Indonesia. Nah, ada penelitian terkait orang yang lebih kebal virus ini.

Dok. Shutterstock
Ilustrasi virus corona. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Virus Corona atau yang sering disebut Covid-19 sedang mewabah di Indonesia. Nah, ada penelitian terkait orang yang lebih kebal virus ini.

Dikutip dari Kompas.com, sebuah studi pendahuluan di China menyebutkan, orang dengan golongan darah tipe O dinilai lebih resisten terinfeksi Virus Corona.

Sementara, orang dengan golongan darah A dimungkinkan lebih rentan terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 ini.

Dilansir dari South China morning Post, peneliti medis di China mengambil pola golongan darah dari 2.000 pasien yang terinfeksi virus di Kota Wuhan, China dan Shenzhen dan membandingkannya dengan populasi setempat.

Benarkah Obat Flu Ini Bisa Sembuhkan Virus Corona? Ini Hasil Uji Klinis 340 Pasien Covid-19 di Wuhan

Kedok Jennifer Dunn Selama Jadi Istri Dibongkar Bobby Michael, Singgung Soal Faisal Harris & Wawan

Ucapan Raffi Ahmad Bikin Syahnaz Tersinggung, Terjadi Saat Suami Nagita Slavina Gendong Zayn

Isolasi Diri, Kondisi Denada & Shakira Aurum Saat Virus Corona Mewabah di Singapura Diungkap

Golongan darah A peneliti menemukan, pasien bergolongan darah A menunjukkan tingkat infeksi yang lebih tinggi dan mereka cenderung mengalami gejala yang lebih parah.

Sementara itu, para peneliti juga mengungkapkan, studi ini adalah langkah awal dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meskipun demikian, peneliti mendesak pemerintah dan fasilitas medis untuk mempertimbangkan perbedaan golongan darah tersebut ketika merencanakan langkah-langkah mitigasi atau merawat pasien dengan Covid-19 (virus Corona).

"Orang-orang dari golongan darah A mungkin secara khusus perlu memperkuat perlindungan pribadi untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus Corona," tulis para peneliti yang dipimpin oleh Wang Xinghuan dengan Pusat Pengobatan Berbasis Bukti dan Terjemahan di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan.

"Pasien yang terinfeksi SARS-CoV-2 dengan golongan darah A mungkin perlu menerima pengawasan yang ketat dan perawatan yang agresif," ujar Wang.

Tenaga medis melakukan Simulasi Kesiapsiagaan Penanganan Virus Corona (Covid-19), di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA), Jalan KH Wahid Hasyim (Kopo), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Simulasi tersebut sebagai langkah kesiapsiagaan Kota Bandung untuk mengatasi penyebaran wabah virus corona.
Tenaga medis melakukan Simulasi Kesiapsiagaan Penanganan Virus Corona (Covid-19), di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA), Jalan KH Wahid Hasyim (Kopo), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Simulasi tersebut sebagai langkah kesiapsiagaan Kota Bandung untuk mengatasi penyebaran wabah virus corona. (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Benarkah Obat Flu Ini Bisa Sembuhkan Virus Corona? Ini Hasil Uji Klinis 340 Pasien Covid-19 di Wuhan

Golongan darah O

Halaman
123
Editor: Murhan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved