Breaking News:

Penerimaan Mahasiswa Baru ULM

ULM Tetap Gelar Tes UTBK dan SBMPTN di Kampus, Rektor: Tes Ini Tidak Bisa Online

ULM Banjarmasin tetap menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN, secara langsung di kampusnya

istimewa
Lingkungan kampus Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Untuk penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2020, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin  tetap menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN, secara langsung di kampus.

Menurut Rektor ULM, Prof H Sutarto Hadi,  mengenai mekanisme ujian akan tetap dilaksanakan berbasis komputer. Hal ini dikarenakan beberapa pertimbangan yang mengharuskan untuk tes ini dilaksanakan secara langsung.

"Tidak mungkin UTBK dilaksanakan secara online, takutnya nanti terjadi kecurangan oleh peserta. Mungkin saja bukan dia yang mengerjakan tes, boleh jadi peserta menyuruh orang lain untuk mengerjakan, " ucap Rektor ULM kepada Banjarmasin Post, Selasa (12/05/2020).

Penerapan PSBB di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, Dandim Martapura Imbau Ini

10 Hari Terakhir Ramadhan 1441 H Lakukan 5 Salat Sunnah Ini Raih Keistimewaan Lailatul Qadar

Persiapan PSBB Kabupaten Banjar, Camat Gambut: Akan ada Pos Gabungan

Dalam hal ini, Rektor mengatakan akan melaksanakan ujian komputer secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi.

"Nanti akan kita sediakan tempat cuci tangan di kampus, alat ukur suhu badan, hand sanitizer, menjaga jarak antar tempat duduk para peserta, dan pastinya peserta diwajibkan untuk memakai masker, " tegasnya.

Mengenai waktu ujian akan dilaksanakan pada lima Juli sampai 12 Juli 2020. Akan tetapi Rektor menuturkan, hal tersebut belum valid dikarenakan akan dipertimbangkan dengan melihat situasi atau perkembangan Covid-19 baik di daerah Kalimantan Selatan maupun Nasional.

Untuk proses pelaksanaan dan jadwalnya pun mengalami perubahan.

Perubahan itu tertuang pada Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor : 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020.

Isinya antara lain materi tes yang diujikan semula adalah TPS dan TKA (Saintek atau Soshum) berubah menjadi Tes Potensi Skolastik (TPS).

Peserta hanya diperbolehkan mengikuti ujian maksimal sebanyak satu kali tes, tidak diperbolehkan mengikuti tes dua kali seperti dulu.

Pelaksanaan tes diadakan sebanyak empat sesi setiap hari. Untuk pendaftaran UTBK dan SBPTN dilakukan satu kali secara bersamaan dari tanggal dua Juni sampai 20 Juni 2020.

(Banjarmasinpost.co.id/Kristin Juli Saputri)
 

--

Penulis: Kristin Juli Saputri
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved