Berita Hulu Sungai Selatan

Tempat Pemrosesan Sampah Baru di Kabupaten HSS Mulai Difungsikan

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah yang baru milik Pemkab HSS di Sungai Raya, kini menggunakan metode baru.

BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Lokasi TPA baru di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, Senin (18/5/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah baru milik Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya, Kalimantan Selatan, telah selesai.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, Senin (18/5/2020), TPA baru itupun sudah difungsikan untuk membuang sampah harian, setelah volumenya di jembatan timbang.

Namun, sampah yang telah dimasukkan ke landfill, belum bisa ditutup karena terkendala masalah cuaca.

Hujan yang mengguyur beberapa hari, membuat alat eksavator tak bisa diturunkan, karena kondisi tanah yang labil. “Kalau dipaksa diturunkan, alatnya malah amblas,” ungkap petugas di TPA Malutu.

Menurutnya, TPA sudah difungsikan sejak Januari 2020, seiring tak difungsikannya lokasi TPA lama, setelah ditukar guling dengan Lahan PT Antang Gunung Meratus, perusahaan tambang yang operasional di sekitar TPA lama.

206 Petugas Kebersihan Terima Paket Sembako, Ini Harapan Pemkab HSS  

Peringati HUT ke-71 Gubernur Tentara ALRI, Pemkab HSS Ikuti Protokol Pencegahan Covid-19

Sesuai standar, TPA Desa Sungai Raya Selatan, juga dibangun landfill, instalasi pengelolaan lindi (IPL), Kantor TPA, Garasi Alat Berat, Darainase, tempat pemilahan dan gudang kompos, tempat cuci mobil dan jembatan timbang.

Kabid Pengelola Kebersihan DInas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan HIdup Kabupaten HSS,  Yosi Rizal, yang dikonfirmasi, menjelaskan, penyerahan TPA telah dilaksanakan ke Pemkab HSS dan difungsikan sejak awal Januari 2020 lalu.

“Semua infrastuktur utama sudah ada. Namun, untuk TPS 3R, reuse, reduce, recycle dilakukan di TPS 3 Pandai. Kami upayakan untuk pengelolaan sampah terpadu di TPA tersebut,” kata Yosi.

Disebutkan, sampah harian yang masuk TPA diambil di TPS-TPS. Sebelum masuk landfill, ditimbang dulu, lalu dipilah.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved