Berita Tabalong

Pos Covid-19 Kabupaten Tabalong Diperketat, Pengendara Bakal Jalani Rapid Test

Cegah Covid-19, GTPP Kabupaten Tabalong siapkan petugas kesehatan untuk melakukan rapid test terhadap pengendara yang suhu tubuh di atas normal.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
ISTIMEWA
Petugas di pos batas Padang Panjang, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, periksa pengendara yang melintas, Kamis (21/5/2020) pagi. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Menindaklanjuti hasil pertemuan Tim Penanganan Covid-19, posko skrining di perbatasan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mulai lebih memperketat pengawasan.

Bukan hanya melakukan pemeriksaan suhu tubuh, tetapi kini juga disiapkan rapid test bagi pelintas batas atau pengendara yang didapati suhu tubuhnya melebihi batas normal.

Untuk di Kabupaten Tabalong, awalnya ada empat pos, yakni di Desa Padang Panjang batas dengan Kabupaten Balangan,
Desa Pugaan batas dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Desa Pasar Panas batas dengan Kalteng dan di Jaro batas dengan Kaltim.

Kemudian menjelang Lebaran, ditambah lagi tiga pos yang didirikan di wilayah Kambitin yang juga berbatasan dengan Kalteng, di wilayah Sungai Durian yang berbatasan dengan Kabupaten HSU dan di wilayah Pulau Kuu batas dengan Kabupaten Balangan.

Koordinator Pos Batas Padang Panjang dan Pulau Kuu, Gusti Judid Ihsan Permana, menyampaikan kepada Banjarmasinpost,co,id, tim Satgas Covid-19 Kecamatan Tanta yang membawahi pos Padang Panjang dan Pulau Kuu mengintensifkan kembali jam pemeriksaan.

Pasar Tanjung Dipadati Pengunjung, GTPP Covid-19 Tabalong Ingatkan Masyarakat

VIDEO Posko Perbatasan di Tabalong Ditambah, Salat Ied Diperkenankan dengan Syarat

Tim Gabungan Satgas Pangan Tabalong Sidak Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok, Ini Hasilnya

VIDEO Kapolda Sumbang Semen untuk Tempat Ibadah di Kabupaten Tabalong

Sosialisasi Larangan Mudik Lewat Lagu, Kapolres Tabalong Ikut Nyanyi

Gerakan Bakti Sosial Serentak, Polres Tabalong Bagikan 101 Paket Sembako

"Pos aktif mulai 24 Maret lalu sampai 1 Juni mendatang. Tiap dua minggu sekali diperpanjang surat tugas pos, sambil melihat sikon terbaru," katanya.

Selain mengintensifkan kembali jam pemeriksaan, posko batas juga mendapat tambahan personel tenaga kesehatan.

Tenaga kesehatan ini disiapkan untuk melakukan rapid test terhadap pelintas daerah atau pengendara yang masuk ke Kabupaten Tabalong tapi diketahui suhu tubuhnya di atas normal.

"Terlebih mendekati Hari Raya Idulfitri, pos ini juga mengantisipasi jikalau masih ada perantauan yang nekat mudik ke Kabupaten Tabalong," katanya.

Personel yang dilibatkan dalam penjagaan di pos, aparat kantor kecamatan, aparat desa, polsek, koramil, Dishub, relawan dan tenaga kesehatan.

Suasana di Pos batas Padang Panjang, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Rabu (20/5/2020) malam.
Suasana di pos batas Padang Panjang, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Rabu (20/5/2020) malam. (BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN)

Khusus menjelang Lebaran, juga ada tambahan dari kompi sebanyak 4 orang.

( Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved