Berita Banjarmasin

Pengukuhan Siswa Lulus SMKN 3 Banjarmasin Secara Virtual

Pandemi Covid-19 membuat SMKN 3 Banjarmasin menyelenggarakan pengukuhan siswa yang lulus dengan cara virtual untuk menghindari penularan virus corona.

BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Acara pengukuhan di SMKN 3 Banjarmasin secara virtual, Rabu (3/6/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perasaan sedih bercampur gembira terpancar di wajah Hikmayanti, siswi kelas XII A Akuntansi SMKN 3 Banjarmasin dan kawan-kawan, acara pengukuhan dan perpisahan hanya dihadiri beberapa perwakilan siswa dan guru serta disiarkan secara virtual di Gedung Lab Seni SMK Negeri 3 Banjarmasin, Rabu (3/6/2020).

"Ada perasaan sedih dan senang di acara perpisahan kali ini. Akibat Pandemi Corona, kami tidak bisa melaksanakan perpisahan diikuti seluruh siswa, hanya diikuti beberapa orang saja," papar Hikmayanti.

Senangnya, lanjut dia, masih bisa melaksanakan acara pengukuhan. "Alhamdulillah saya peraih terbaik pertama ujian nasional (UN) se SMKN 3 Banjarmasin dengan nilai 33,80 atau rata 84,4," ucapnya.

Hikmayanti mengatakan keberhasilan meraih UN tertinggi tak lepas mempersiapkan diri sejak tiga bulan sebelum ujian. "Soal memprint dan mempelajari soal-soal dari 2012 hingga 2018 serta mengingat rumus. Alhamdulillah untuk nilai matematika hanya salah satu atau 97,5" ucapnya.

Terpisah, Kepala SMK Negeri 3 Banjarmasin, Mohammad Ali Muksin SPd, MM, mengatakan, pengukuhan ini atas permintaan anak-anak kelas XII dan orangtua murid.

Video Guru dan Staf SMKN 3 Banjarmasin Bantu Bocah Penderita Hidrosefalus

Terampil Menjahit, Pelajar SMKN 3 Banjarbaru Ini Bikin APD untuk Tenaga Medis Covid-19

VIDEO SMKN 3 Banjarmasin Gelar Pesantren Ramadan Online

Bantu Warga Terdampak Corona, Guru dan Staf SMKN 3 Banjarmasin Bagi Sembako

"Di kondisi Covid-19 saat ini tak mungkin melaksanakan pengukuhan seperti biasa. Kami pun ingin mengakomodir keinginan orangtua dan anak, sehingga diambil jalan tengah dengan digelar secara virtual tanpal melanggar aturan protokol kesehatan. Apalagi, Banjarmasin sudah melewati masa PSBB," tandasnya.

Ditambahkan Ali, jumlah siswa yang mengikuti pengukuhan virtual hanya 11 orang perwakilan dari jurusan ditambah 10 siswa terbaik UN untuk diberikan apresiasi oleh sekolah.

"Kami juga menyiarkan secara langsung pengukuhan virtual melalui youtube yang disaksikan seluruh siswa dan orangtua murid. Jumlah total siswa lulus tahun ini sebanyak 648 orang," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Kepsek SMK Negeri Banjarmasin ini, juga dilaksanakan halal bi halal secara virsual.

Terpisah, Ketua Komite SMK Negeri 3 Banjarmasin, Muhammad Idrus mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan pengukuhan secara virsual.

"Pengukuhan sudah menjadi tradisi tiap tahun, tapibdi tengah kondisi saat ini kita gelar secara virtual. Kegiatan juga mengakomodir keinginan siswa dan orangtua saja," ucapnya.

(Banjarmasin post.co.id/Syaiful Anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved