Ekonomi dan Bisnis

Gandeng Distributor Gula Pasir, Dinas Perdagangan Kalsel Gelar Operasi Pasar

Dinas Perdagangan Kalsel berupaya kembali menggelar Operasi Pasar (OP) dalam menekan harga gula pasir di pasaran

Istimewa/Dinas Perdagangan Kalsel.
Operasi pasar gula murah oleh Dinas Perdagangan Kalsel dan distributor gula. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan (Kalsel) berupaya kembali menggelar Operasi Pasar (OP) dalam menekan harga gula pasir di pasaran setelah momen Ramadan dan Lebaran berakhir.

Terbaru Dinas Perdagangan Kalsel menggandeng salah satu Distributor Gula di Kalsel, yakni PT Tiga Bintang Cemerlang untuk menggelar kegiatan OP sembako jenis gula pasir untuk masyarakat di Kota Banjarmasin, Rabu (3/6/2020) lalu.

"Sebanyak 5 ton gula pasir kami jual kepada masyarakat sesuai harga eceran tertinggi (HET) yaitu sebesar Rp 12.500 perkilogram," ungkap Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Bierhasani kepada Banjarmasinpost.co.id.

Pihaknya membatasi pembelian agar tidak diborong oleh sebagian masyarakat saja, yakni hanya boleh membeli gula pasir yang disediakan sebanyak 2 kg per orang.

Harga Gula Pasir di Banjarmasin Mulai Turun Meski Belum Normal

Kebutuhan Gula Pasir Naik Saat Ramadan, Distributor Tambah Stok 1.500 Ton

Harga Gula Pasir Turun Jadi Rp 18.000 di Pasar Antasari Banjarmasin

Hal tersebut ditambahkannya, dilakukan supaya lebih banyak masyarakat di Banjarmasin yang juga kebagian gula pasir dengan harga murah.

Diakuinya kegiatan OP sendiri dilakukan sebagai upaya untuk menekan harga gula pasir di pasaran agar dapat turun sesuai HET. Saat ini harga gula pasir di pasar tradisional masih dikisaran Rp15.000-16.000 per kg.

"Memang harga itu sudah turun dari sebelumnya mencapai Rp 18.000 perkilo. Namun kita akan terus usahakan dapat turun lagi sesuai HET melalui kegiatan OP seperti ini," jelasnya.

Harga Gula Pasir Turun Rp 2.000 Per Kg, Bulog Pastikan 250 Ton Gula Tiba Sebelum Ramadhan

Sementara itu, Owner PT Tiga Bintang Cemerlang William Andrianto mengatakan, kegiatan OP gula pasir sendiri sudah pihaknya gelar beberapa kali untuk masyarakat. Total sudah ada kurang lebih sebanyak 10 Ton gula murah sesuai HET yang dijual kepada masyarakat.

"Sesuai instruksi dari Dinas Perdagangan Kalsel, distributor diminta ikut terlibat dalam mendukung upaya pemerintah daerah menekan harga gula pasir dipasaran. Makanya kita menggelar kegiatan OP seperti ini," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved