Breaking News:

Berita Banjarmasin

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, SBI dan DLH Kalsel Tanam Kasturi

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) melakukan berbagai kegiatan diantaranya penanaman Kasturi

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Hari Widodo
istimewa/sbi kalsel
SBI dan DLH Kalsel menggelar Penanaman Kasturi dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASIN POST.CO.ID - Setiap tahunnya Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia ( SBI) Kalimantan Selatan mengadakan berbagai rangkaian kegiatan pada peringatan “World Environment Day" atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia .

Untuk tahun ini,menurut Amalia Rezeki, founder SBI, ada empat agenda kegiatan.

Sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2020 ini, adalah Time for Nature yang berfokus pada biodiversitas atau yang lebih dikenal dengan keaneka ragaman hayati.

"Sub tema ini diangkat sebagai a call of action untuk memerangi degradasi spesies di lingkungan sekitar," paparnya, Jumat (4/6/2020).

Kalselpedia: SBI Berdiri Tahun 2013, ini 9 Upaya Penyelamatan Bekantan dari Kepunahan

Dikukuhkan Jadi Relawan SBI , Rene Warner dari Jerman Senang Bergabung di Sahabat Bekantan Indonesia

Amankan Plasma Nutfah Mangga Kasturi yang Mulai Langka dan Punah, Banjar Akan Daftarkan ke Kementan

Adapun rangkaian kegiatan, sebagai berikut pelenanaman Pohon Kasturi, Peluncuran Buku, Penandatanganan MoU antara SBI dengan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini diwakili oleh Dinas Kehutanan dan Diskusi Virtual tentang lingkungan hidup.

“ Hari ini kami akan melakukan penanaman Pohon Kasturi , maskot flora Kalimantan Selatan, yang merupakan bagian dari program gerakan 10 ribu bibit kasturi yang selama ini kami gencarkan. Kasturi dinyatakan punah di alam liar oleh lembaga konservasi internasional IUCN. Sebagai simbolis, gerakan penanaman 10 ribu bibit pohon kasturi di Kalsel ditanam oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana," jelas Amel sebutan akrab dosen Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat ini.

Lebih lanjut, dia mengatakan pada hari ini juga, SBI meluncurkan buku tentang bekantan fauna maskot Kalsel dengan judul studi Biologi Bekantan dan Habitatnya.

Menurut Amel, buku ini berisikan kumpulan karya tulis ilmiah bersama tim penelitinya, dari Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Gajah Mada.

Ia berharap buku ini menjadi sumbangsih bagi ilmu pengetahuan tentang bekantan dan habitatnya di Kalimantan Selatan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved