Breaking News:

Wabah Corona di Kalteng

Positif Covid-19 di Kalteng Tambah 42 Orang, Penularan Sampai Tingkat Komunitas Sulit Dikendalikan

Kasus Covid-19 di Kalteng Senin (29/6/2020) meningkat drastis, terkonfirmasi positif capai 42 orang. Terbanyak di Palangkaraya capai 24 orang.

istimewa/Polda Kalteng
Kepolisian Polda Kalteng melakukan penyemprotan Disenfektan ke sejumlah lokasi 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Penularan Wabah Virus Corona atau Covid-19 di Kalimantan Tengah, Senin (29/6/2020) mengalami penambahan, terkonfirmasi positif mencapai 42 orang paling banyak di Palangkaraya capai 24 orang. Total (akumulasi) se-Kalteng mencapai 881 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Kalteng, Astrid Theresa, mengungkapkan, jumlah penyebaran Covid-19 Kalteng mengalami penambahan drastis mencapai 42 orang daerah penyebaran Palangkaraya mencapai 24 orang, Katingan 1 orang, Kapuas 1 orang, Gunungmas 6 orang, Barsel 1 orang, Bartim 1 orang, Barut 1 orang dan Murungraya 1 orang.

Jumlah perawatan Covid-19, bertambah 36 orang dengan jumlah akumulasi mencapai 438 orang, Pasien Sembuh bertambah 4 orang dengan jumlah total mencapai 388 orang, meninggal dunia bertambah 2 orang dengan jumlah total mencapai 55 orang, orang dalam pemantauan bertambah 12 orang dengan jumlah total 363 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 15 orang dengan jumlah total mencapai 98 orang, total tes RT-PCR mencapai 4.069 orang perinciannya positif 881 orang, Negatif 1.052 orang dan sedang dalam pemeriksaan mencapai 2.136 orang.

Tak Nyalakan Lampu Motor saat Berkendara di Siang Hari Bisa Dipenjara, Begini Penjelasannya

Perjuangkan Nasib Guru Honorer, Komisi IV DPRD Kalsel Kirim Surat ke Komisi X DPR RI, Begini Isinya

Jalani Rapid Test, 20 Karyawan dan Nakes di RSUD Sultan Suriansyah Reaktif

Pilkada Kalsel 2020 - DPD Golkar Kalsel Usulkan Duet Sahbirin-Muhidin ke DPP, Begini Pertimbangannya

Data risiko kenaikkan kasus penyebaran Covid-19 Kalteng berdasarkan Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 kabupaten dan kota di Kalteng, dikatagorikan daerah resiko tinggi berada di Palangkaraya, Gunungmas dan Kapuas yang penambahannya cukup signifikan dan masuk zona merah.

Sedangkan, daerah berisiko sedang ada tujuh kabupaten yakni, Lamandau, Kobar, Pulangpisau, Katingan, Murungraya Barsel dan Bartim masuk zona orange.

Untuk Resiko rendah atau zona kuning antara lain, Seruyan, Kotim dan Barut.

"Kabupaten tidak terdampak atau zona hijau hanya Kabupaten Sukamara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul, mengungkapkan, penularan corona di Kalteng sudah pada tingkatan komunitas khususnya pada kawasan zona merah.

"Pada tingkat ini, berhentilah bicara klaster, karena pilihannya hanya ketika berinteraksi dengan orang wajib pakai masker jaga jarak dan siapkan karantina massal," ujarnya.

Suyuti menegaskan, jika sudah terjadi penularan tingkat komunitas maka tidak bisa diketahui siapa yang ditularkan dan siapa lagi yang akan tertular.

"Hari ini benar-benar meledak, penularan sudah sampai pada tingkat komunitas. Tidak ada jalan lain, pakai masker dan jaga jarak, jika tidak penularan semakin tak terkendali," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved