Breaking News:

Berita Tabalong

Uji Tanam Bawang Merah, PPL Kecamatan Tanjung Tabalong Rencanakan Ini

Keberhasilan tanam bawang merah dengan hasil panen cukup banyak mendorong PPL Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong melakukan di sejumlah kecamatan.

PPL TANJUNG UNTUK BPOST GROUP
Uji tanam bawang merah di lahan petani di Kampung Baru, Desa Kapar, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bawang merah menjadi salah satu varietas tanaman yang berhasil dikembangkan di beberapa wilayah di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ).

Setidaknya, sudah pernah dkembangkan di lahan yang ada di Kecamatan Jaro, Kecamatan Muara Uya dan juga di Kecamatan Banua Lawas.

Saat ini, pengembangan bawang merah juga mulai dilakukan di lahan petani yang ada di Kampung Baru, Desa Kapar, Kecamatan Murung Pudak.

Uji tanam ini dilakukan Yana Mulyana, seorang PPL Kecamatan Tanjung di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tanjung.

Menurut lelaki yang biasa dipanggil Yana ini, sebelum memulai menanam di lahan petani terlebih dulu dilakukan uji tanam di di BPP Tanjung seluas 0.1 hektare.

"Alhamdulillah, 6 bulan saya kaji, beberapa varietas tanaman yang paling cocok dan berhasil adalah bawang merah," katanya.

UPDATE Covid-19 Kalsel: Tambah 62 Positif, Terbanyak dari Kabupaten Banjar

BREAKING NEWS: Sekda Banjarbaru dan 3 Kepala Dinas Positif Covid-19

Pasca Pejabat Pemko Banjarbaru Positif Covid-19, Semua Puskesmas Diutup

Pasar Mabuun Direncanakan Jadi Pilot Project Kawasan Pasar Modern di Tabalong

Dimana dari lahan sekitar 714 meter persegi, dengan bibit bawang merahnya 15 kilogram berhasil panen sebanyak 180 kilogram bawang merah.

Dari situlah kemudian rencana dilanjutkan dengan uji tanam secara swadaya di lahan petani di Desa Kapar dengan luasan sekitar 1 hektare.

"Nanti apabila berhasil lagi, maka akan dikembangkan lagi di lahan petani 10 hektare dan sudah didukung Dinas Pertanian," katanya.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved